Archive Pages Design$type=blogging

Latih Diri Lewat Momen Kurban





Pelbagai cara ditempuh mahasiswa untuk memanfaatkan momentum Idul Adha. Menjadi relawan, panitia hingga penjual hewan kurban pun menjadi tren baru mahasiswa.

Momen Idul Adha 1438 Hijriyah telah bergulir. Ibadah kurban kian diimplementasikan di hari besar tersebut. Dalam beberapa tahun belakangan, pelaksanaan kurban tidak hanya berbentuk ritual ibadah semata. Kini kurban telah menjadi gerakan masif dan terorganisir. Kenyataan itu ditandai dengan adanya lembaga-lembaga pengelola kurban yang hadir di tengah masyarakat.

“Mari bu, berkurban di Dompet Dhuafa (DD),” sapa Wardatul Asriya. Satu persatu pengunjung Hypermart Mall Cibubur Ia ajak untuk berkurban di DD. Di gerai tersebut, ia terus mengajak orang lain untuk berkurban. Sembari tersenyum, ia terus mengajak dan menawarkan orang-orang yang tengah lalu lalang.

Mahasiswi Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta ini merupakan salah satu Relawan Kurban DD. Ia mengakui, kegiatan yang dia lakukan sebagai ajang pelatihan untuk berkurban sedari dini. “Kalau belum bisa kurban, ya jadi relawan kurban,” ungkap Warda, sapaan akrabnya. Senin, (4/9).

Warda pun menambahkan, sebelum ditempatkan di gerai kurban ia dibekali dengan pelatihan fikih tentang kurban dan marketting di Yayasan Dompet Dhuafa Ciputat. “Banyak ilmu yang saya dapat selama menjadi relawan kurban,” tulisnya via WhatsApp

Hal serupa juga dilakukan Syifani Wirianisa. Mahasiswi MD semester tiga ini pun menjadi Relawan Kurban di Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) Human Initiative. Dengan kontrak kerja 30 hari penuh yakni selama Agustustus silam, mengharuskan Syifani untuk bolak balik dengan ojek online ke kantor PKPU Jakarta Pusat. “Ini kegiatan untuk mengisi liburan,” katanya.

Tak hanya itu, Syifani menyatakan, Idul Adha adalah momentum berlomba-lomba untuk bisa berkurban. Tak terkecuali mahasiswa. Lantas, menjadi relawan kurban adalah jawabannya. “Gaji yang didapat bisa dikasih ke orang tua,” ungkapnya.

Menjadi panitia kurban turut dilakukan Rusdil. Selaku Ketua Pos Solidaritas Umat (PSU), Ia menginisiasi kegiatan berkurban di Desa Binaan Lembaga Dakwah Kampus (LDK) UIN Jakarta yang bertempat di jalan Mawar, Ciputat Tangerang Selatan. Ia bercerita, sebelum hari pemotongan tiba, Ia bersama panitia membagikan 100 kupon daging kurban kepada penduduk setempat yang mayoritas pemulung, kuli bangunan dan buruh cuci. “Berbagi berkah kurban,” jelas Mahasiswa Pendidikan Agama Islam itu,  Minggu, (3/9).

Rusdil pun menuturkan, hewan kurban yang diperoleh berdasarkan sumbangan dana dari anggota LDK UIN Jakarta. Sebanyak empat ekor kambing berhasil dibeli dan disembelih di desa binaan tersebut. “Alhamdulillah, bisa terus memberikan manfaat,” tutupnya.

Di sisi lain, momentum Idul Adha dimanfaatkan Fajar untuk menjadi penjual hewan kurban. Ia menjelaskan, usaha yang dilakukan tersebut untuk mengembangkan bisnis keluarga yang telah dirintis. “Saya membantu aktivitas kurban orang tua saya,” jelasnya.

Dari aktivitas niaga itu, sebanyak 120 ekor sapi dan 421 ekor kambing berhasil terjual. Penjualan itu pun tak serta merta bernilai laba, ada saja kerugian yang menimpa seperti kematian hewan kurban. “10 ekor sapi mati,” ungkapnya.

Menanggapi geliat mahasiswa yang memanfaatkan momen Idul Adha, Kepala Bagian Akademik UIN Jakarta Yarsi Berlianti pun angkat bicara. Ia mengatakan, memang kewajiban mahasiswa untuk melakukan pengabdian di masyarakat. Ilmu yang didapat di bangku perkuliahan harus bisa diterapkan di masyarakat umum. “Mahasiswa harus mengabdi,” ujarnya, Rabu (13/9) di ruangannya lantai dasar Gedung Akademik.

Tak hanya itu, Yarsi pun mengapresiasi mahasiswa yang mempunyai kesibukan positif di tengah momen Idul Adha. Ia pun berharap, ke depannya mahasiswa harus bisa memanfaatkan momen keagamaan lainnya. Laiknya menyelam sambil meminum air, mempunyai kesibukan namun bernilai ibadah. “Mahasiswa harus bisa memanfaatkan peluang,” pungkasnya.



Alfarisi Maulana

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Latih Diri Lewat Momen Kurban
Latih Diri Lewat Momen Kurban
https://2.bp.blogspot.com/-i6U-OINiSSI/WdnV2RiKN7I/AAAAAAAAJ2Y/z6pSR2HwAwgUT_zTLeD_CVF3MsFRAeuWwCLcBGAs/s400/20170902_091810.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-i6U-OINiSSI/WdnV2RiKN7I/AAAAAAAAJ2Y/z6pSR2HwAwgUT_zTLeD_CVF3MsFRAeuWwCLcBGAs/s72-c/20170902_091810.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2017/09/latih-diri-lewat-momen-kurban.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2017/09/latih-diri-lewat-momen-kurban.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago