Archive Pages Design$type=blogging

Puasa Membawa Kesehatan


Oleh: Azmi Aghnia*

Ramadan merupakan bulan yang selalu dinanti-nantikan oleh umat Islam. Pada bulan yang penuh berkah ini, umat Islam diwajibkan untuk berpuasa. Puasa tak hanya menahan lapar dan haus saja. Tetapi, puasa menahan diri dari segala sesuatu yang dapat membatalkan dari terbit fajar sampai terbenam matahari.

Puasa telah dilakukan sejak zaman dahulu, tak hanya umat Islam saja yang menjalani puasa, tetapi agama lain pun menjalankan puasa dengan caranya masing-masing. Dengan berpuasa, kita akan merasa lebih dekat dengan Allah. Selain itu, puasa dapat memberikan kesehatan jasmani dan rohani.

Dalam hadis riwayat Muslim, Nabi Muhammad bersabda bahwa perut itu adalah gudangnya penyakit. Cara menghindari penyakit tentu dengan tidak makan dan minum secara berlebihan, di sini salah satu manfaat berpuasa.

Dalam dunia medis, puasa juga dapat membersihkan racun yang ada pada tubuh kita. Dewasa ini, banyak bermunculan macam penyakit yang disebabkan oleh kegelisahan, keresahan, dan stres akibat pola makan yang tidak benar.

Kelaparan memang dapat mengganggu kesehatan tubuh. Tetapi sebaliknya, pada saat berpuasa terjadi keseimbangan katabolisme—reaksi penguraian senyawa kompleks menjadi senyawa yang lebih sederhana dan anabolisme— proses pembentukan molekul kompleks, seperti karbohidrat, protein dan lemak, dari molekul-molekul yang sederhana yang berakibat asam amino dan macam-macam zat lainnya membantu peremajaan sel dalam memproduksi gula darah dan menyuplai asam amino dalam darah.

Hasil penelitian Wahjoetomo dan Najib menyimpulkan bahwa puasa bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan fisik dan jasmani. Pada saat seseorang berpuasa, maka terjadi pengurangan jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuhnya sehingga kerja beberapa organ tubuh seperti jantung, hati, ginjal, dan lambung terkurangi. Puasa memberikan kesempatan metabolisme (pencernaan) untuk beristirahat beberapa jam sehingga efektivitas fungsionalnya akan selalu normal dan semakin terjamin.

Menurut Profesor Fisiologi  dari Universitas Chicago AJ Carlson yang dilansir dari MedIndia memaparkan, orang yang sehat dan tidak memiliki masalah stres serta gangguan emosi dapat bertahan tanpa makanan hingga 50-75 hari. Hal ini membuktikan bahwa puasa membawa manfaat kesehatan bagi tubuh dan tidak membahayakan.

Selain itu, pada puasa tidak hanya menyehatkan secara fisik saja, tetapi terdapat juga nilai-nilai rohani pada puasa. Karena orang yang sedang menjalani ibadah puasa tidak hanya sekadar menahan makan dan minum, tetapi melatih diri untuk membimbing atau mengendalikan hawa nafsu dan dorongan-dorongan untuk melakukan hal-hal negatif.


Maka dari itu, puasa dapat menjadikan manusia lebih bersabar dan mengontrol emosi dalam menjalankan aktivitas. Mari manfaatkan momentum Ramadan dengan sebaik-baiknya.

*Penulis adalah Mahasiswi Jurusan Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Jakarta

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Puasa Membawa Kesehatan
Puasa Membawa Kesehatan
https://2.bp.blogspot.com/-YOwfUp0wcMw/WS-3oh7icxI/AAAAAAAAJek/2t0WFJK7uT8Zs9CoGuu8RV0meU1gU61kgCK4B/s400/Ouasa.png
https://2.bp.blogspot.com/-YOwfUp0wcMw/WS-3oh7icxI/AAAAAAAAJek/2t0WFJK7uT8Zs9CoGuu8RV0meU1gU61kgCK4B/s72-c/Ouasa.png
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2017/06/puasa-membawa-kesehatan.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2017/06/puasa-membawa-kesehatan.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago