Archive Pages Design$type=blogging

Berjualan Takjil Meraup Untung Sambil Beramal

Penjual takjil sedang menunggu pembeli di jalan raya depan Gedung Pusat Bahasa UIN Jakarta, Rabu (08/06). Pada bulan Ramadhan di sore hari kawasan tersebut ramai oleh para penjual takjil.


Makanan-makanan takjil mendadak menjadi primadona di bulan Ramadhan, begitu pun yang dirasakan di lingkungan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Menjelang sore, jalanan di depan masjid Fatuhullah UIN Jakarta mendadak ramai oleh lapak-lapak penjual takjil. Pemandangan serupa juga terjadi di sepanjang jalan depan Gedung Pasca Sarjana UIN Jakarta, daerah Pasanggrahan dan depan Gedung Asrama Putri.

Melihat fenomena banyaknya mahasiswa dan masyarakat sekitar UIN Jakarta yang berburu takjil dari tahun ke tahun di bulan Ramadhan. Berbisnis takjil menjadi peluang besar bagi Aisyah Nur Illahi (Ica), seorang mahasiswi jurusan Pendidikan Agama Islam semester 4.

Bagi Ica, berjualan takjil di daerah sekitar UIN Jakarta memiliki peluang keuntungan besar. Pasalnya di daerah tersebut terdapat banyak pembeli. Sudah satu minggu lebih semenjak bulan puasa, Ica menjalankan bisnisnya berjualan makanan takjil. Dari berbagai macam gorengan, lontong dan minuman dingin ia jajalkan dekat kosannya di daerah Pasanggrahan.

Ada pun tujuan Ica melakukan bisnis takjil, pertama karena ia membutuhkan uang untuk membayar uang semester kuliahnya. Karena sejak awal kuliah Ica mengaku membiayai kuliahnya dengan uang sendiri. Selain itu, bejualan takjil bagi Ica juga merupakan peluang untuk melatih diri bagaimana ia harus belajar di lingkungan nyata. “Insyaallah saya bisa membayar uang semester depan dari hasil berjualan takjil ini,” ungkapnya, Selasa (06/06).

Lain Ica, lain pula Farid Ramadhan. Selama bulan Ramadan ini, ia berjualan takjil berupa es buah di depan Gedung Asrama Putri UIN Jakarta. Namun, seiring dengan berjalannnya waktu ia memutuskan untuk membuka order takjil. Sehingga konsumen dapat memesan dagangannya melalui pesan online pribadi dan akan dihantarkan ke tujuan. “Sistem takjil order mempermudah konsumen utuk memesan dagangan saya,” ujurnya, Selasa (06/06).

Alasan Farid mengunakan sistem pemesanan dalam bisnis berjualan takjilnya, dikarenakan lebih praktis. Pasalnya jika dulu ia harus menanti pelanggan dari sebelum waktu berbuka hingga adzan Magrib tiba, namun sekarang ia hanya menunggu pembeli lewat pesanan dan menghantarkannya. “Sekarang saya sistemnya orderan, jika ada yang mesan hubungin saja. Tar, saya antar,” jelasnya.

Bagi Farid, melalui bisnis berjualan takjil selian mencari uang tambahan dan mengisi waktu luang, kegiatan tersebut juga menjadi pundi-pundi amal baginya. Pasalnya jika waktu berbuka puasa  tiba, sedangkan barang dagannnya masih ada, maka ia akan membagi-bagikannya secara cuma-cuma. Inilah yang menjadi nilai lebih bisnis berjualan takjil yang dilakukan Farid.

Selain itu, menurut keterangan  salah satu pembeli, Heryanti Dewi   mahasiswa  Ilmu Matematika Murni semester  4. Ia membeli takjil sudah menjadi rutinitas setiap harinya, karena tidak dapat mengonsumsi makanan berat saat berbuka puasa. “Biasanya saya mengawali berbuka puasa dengan memakan gorengan yang saya beli, sedangkan es bikin sendiri,” ujurnya Selasa (06/06).

Sedangankan bagi Ahmad Suhendri  mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam. Baginya membeli takjil hanya sebatas jika tidak ada makanan di kosan, sedangkan alasanya membeli takjil di Pasanggrahan karena memang tempatnya dekat. “ Alasan saya membeli takjil di Pasangrahan, karena memang jaraknya dekat dengan kosan,” ketarangannya, Selasa (06/06).


RIM
   

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Berjualan Takjil Meraup Untung Sambil Beramal
Berjualan Takjil Meraup Untung Sambil Beramal
https://1.bp.blogspot.com/-gXMZunvuF48/WUIU9zr9dHI/AAAAAAAAJf0/ywQadVSu89czM3C_2Eo_zCy297ToKM6lQCLcBGAs/s400/IMG_20170615_115803.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-gXMZunvuF48/WUIU9zr9dHI/AAAAAAAAJf0/ywQadVSu89czM3C_2Eo_zCy297ToKM6lQCLcBGAs/s72-c/IMG_20170615_115803.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2017/06/berjualan-takjil-meraup-untung-sambil.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2017/06/berjualan-takjil-meraup-untung-sambil.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago