Archive Pages Design$type=blogging

Ray Rangkuti: Mei ‘98’ Mahasiswa IAIN Jakarta yang Pertama Kali Duduki Gedung DPR

Sumber: Merdeka.com


Hari ini 21 Mei 2017 tepat 19 tahun reformasi.  Peristiwa reformasi di awali dengan aksi Mei 1998. Peristiwa 1998 bersejarah bagi Indonesia. Pada waktu itu pelbagai aksi unjuk rasa mewarnai pelbagai daerah. Tua, muda, anak-anak, dan orang dewasa turun ke jalan. Reformasi menjadi isu yang digaungkan. Masyarakat dan mahasiswa berpangku tangan. Kala itu satu tuntutan tehembus yakni turunkan Soeharto dari kursi kepresidenan.

Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakartadulu Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syarif Hidayatullah Jakartamerupakan salah satu universitas yang terlibat aktif dalam gerakan Mei 1998. Salah satu  aktivis dan saksi hidup peristiwa Mei 1998 Andikey Kristianto mengungkapkan bahwa sering melakukan aksi di sekitar IAIN Jakarta. Pelbagai forum diskusi pun membicarakan tentang isu nasional itu. Pendeknya situasi politik, ekonomi, dan sosial menjadi bahasan yang mewarnai kehidupan kampus.

Lebih lanjut, menurut Andi peristiwa demonstrasi itu terjadi di lingkungan kampus awal Maret 1998. Para aktivis Ciputat kala itu membuat perkumpulan yang berisi organisasi internal kampus, organisasi ekstra dan organisasi daerah yang disebut Forum Komunikasi Mahasiswa Ciputat (FKMC). FKMC menjadi wadah konsolidasi demonstrasi pada saat itu. Sayang, keikutsertaan IAIN Jakarta dalam aksi besar reformasi  tidak banyak diketahui publik.” keberadaannya jarang diliput oleh media sehingga tidak dketahui publik,” tutur Andikey, Kamis (18/05).

Ditemui di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Senayan,  aktivis Mei 1998  TB. Ace Hasan Sazily menerangkan penyebab unjuk rasa adalah sistem orde baru yang melahirkan pemimpin otoriter. Selain itu, keadaan diperburuk denga perekonomian Indonesia yang mengalami krisis moneter pada 1997. Krisis itu berimbas kenaikan harga makanan pokok begitu tinggi. Konon, penderitaan ini menjadi pelopor tuntutan para mahasiswa IAIN Jakarta kepada pemerintah orde baru.

Lebih lanjut, Tb Ace menceritakan bahwa aksi demontrasi mahasiswa IAIN bukan hanya pada Mei 1998. Jauh sebelumnya, di tahun 1994 misalnya, mahasiswa IAIN Jakarta sudah aktif membangun kekuatan massa. Membangun jaringan dengan kampus lain menjadi langkah jitu yang ditempuh guna menyolidkan massa aksi.

Menurut Tb. Ace kala itu sangat mudah mengajak kampus lain. Pasalnya, para mahasiswa  menilai kebijakan pemerintah saat itu jauh dari makna demokrasi. Kondisi ini pula yang menyatukan ideologi dalam sebuah gerakan mahasiswa. “Saya dan beberapa teman kampus lain menggalang kekuatan mengkritisi kebijakan pemerintah orde baru,” tuturnya, Kamis (18/05).
Secara terpisah,  aktivis 1998 lainnya, Ray Rangkuti mengatakan dirinya dan mahasiswa lain geram. Pasalnya aksi unjuk rasa yang terjadi di lingkungan kampus pada awal maret 1998 tak mendapat respons pemerintah. Pada akhirnya mahasiswa memutuskan bergerak ke Gedung DPR untuk menyampaikan tuntutan.

Menurut Direktur Lingkar Madani ini, mahasiswa IAIN Jakarta yang pertama kali menduduki Gedung DPR RI. Peristiwa bersejarah itu terjadi  Senin, 18 Mei yang diikuti ratusan mahasiswa. Aksi itu didukung masyarakat dan dosen dengan memberikan demonstran bantuan moril dan materil.

Aksi menduduki gedung DPR diawali oleh pihak rektorat IAIN Jakarta. Kala itu, pihak rektorat mengirimkan surat ditandatangani langsung oleh penjabat rektor sementara, Profesor Azyumardi Azra. Surat itu berisi tuntutan agar Soeharto mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Presiden RI . “Pada 17 Mei malam diadakan rapat FKMC bersama pihak rektorat bahwa besok (18 Mei) sivitas akademika IAIN Jakarta harus turun ke DPR,” ungkapnya, Jum’at (19/05).

Keesokan harinya, bentrok yang masif tak terelakkan sebelum menduduki Gedung DPR. Meskipun begitu, bentrok itu tidak memakan korban jiwa. Hanya saja terdapat beberapa orang yang mengalami luka-luka.“Tiga dari polisi dan lima dari mahasiswa,” ujar Ray Rangkuti.

Mixil Mina Munir aktivis 1998 pun turut memberikan kesaksikan mengenang peristiwa runtuhnya ode baru tersebut. Menurut Mixil saat aksi mahasiswa IAIN Jakarta memakai jaket almamater yang masih berwarna hijau. “Sebagai ciri khas dalam menduduki Gedung DPR,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Mixil menerangkan, selama empat hari Ia dan mahasiswa lainnya menduduki Gedung DPR demi mewujudkan tuntutan. Puncaknya Kamis, 21 Mei Soeharto secara resmi mengundurkan diri sebagai presiden. Kemudian, Mixil bercerita kala itu tugas mahasiwa mengawasi proses transisi pasca tumbangnya rezim orde baru tersebut agar tak diselewengkan. “Setelah Soeharto jatuh, tugas mahasiswa mengawal proses transisi,” pungkasnya, Jumat (19/05).

NN, HS, IM

           

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Ray Rangkuti: Mei ‘98’ Mahasiswa IAIN Jakarta yang Pertama Kali Duduki Gedung DPR
Ray Rangkuti: Mei ‘98’ Mahasiswa IAIN Jakarta yang Pertama Kali Duduki Gedung DPR
https://4.bp.blogspot.com/-3ZpPRqAxbtA/WSMa3ol8T4I/AAAAAAAAJaI/8_i9mX3jHNkwGGlzuB9JfF2WyI1nqu5DwCLcB/s400/mengenang-mencekamnya-tragedi-mei-98.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-3ZpPRqAxbtA/WSMa3ol8T4I/AAAAAAAAJaI/8_i9mX3jHNkwGGlzuB9JfF2WyI1nqu5DwCLcB/s72-c/mengenang-mencekamnya-tragedi-mei-98.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2017/05/ray-rangkuti-mei-98-mahasiswa-iain.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2017/05/ray-rangkuti-mei-98-mahasiswa-iain.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago