Archive Pages Design$type=blogging

Generasi Rabbani, Kartini Masa Kini


Kartini menjadi sosok wanita yang patut menjadi inspirator bagi kaum wanita di zaman yang serba modern sekarang ini. Tak sekadar bertugas sebagai ibu rumah tangga, wanita pun dapat menjadi figur dalam masyarakat.

Hal tersebut dipaparkan oleh Ahli Roket dan Kedirgantaraan, Rika Andiarti salah satu narasumber dalam acara Talkshow Kemuslimahan di Auditorium Harun Nasution, Sabtu (6/05).  Dalam talkshow tersebut, ia juga mengatakan gender bukan lagi penghalang wanita untuk mewujudkan mimpinya. “Mimpi dan kesulitan yang Kartini hadapi justru membantunya mewujudkan mimpi,” ujarnya, Sabtu (6/5).

Acara yang berlangsung di Auditorium Harun Nasution Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta tersebut dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Yusran Razak. Beberapa narasumber lain juga turut hadir, seperti Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Indonesia Berna Elya yang merupakan Pendiri Sekolah Quran Asy Syahid Furi Kirana.

Berna Elya mengungkapkan sebagai seorang muslim, mencontoh sosok kartini dengan menjadi generasi rabbani yang memiliki akhlak sesuai ajaran Islam. “Generasi seperti inilah yang nantinya membangun peradaban madani, dengan mengamalkan ajaran Islam dalam masyarakat,” ungkapnya, Sabtu (6/5).

Tak hanya mendapatkan materi, di acara yang digelar oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Syahid UIN Jakarta ini para peserta pun dapat menikmati hiburan yang ditampilkan di sela- sela acara. Seperti halnya, penampilan Angklung dari Fakultas Adab dan Humaniora, pembacaan puisi dan tasmi’ al-Quran yang dibawakan oleh  anggota UKM LDK Syahid.

Menurut Ketua Pelaksana, Cahayatun Nisa acara tersebut digelar untuk memeringati hari Kartini sekaligus hari Pendidikan Nasional. Ia berharap dengan adanya talkshow ini mampu membuka wawasan wanita khususnya kalangan mahasiswa bahwasannya pendidikan itu sangatlah penting. “Untuk menjadi seorang Kartini, pendidikan sebgai bekal utama. Karena wanita sebagai sekolah pertama bagi anak,” Ungkapnya, Sabtu (6/5).

Salah satu peserta Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi, Nur Haya mengaku sangat tertarik dengan acara tersebut. Menurutnya dengan mengikuti talkshow dapat memberikan motivasi bagi dirinya dalam mengembangkan kemampuan di bidang akademik. “Pengalaman mereka menjadi motivasi bagi saya kalau peranan wanita juga berpengaruh dalam masyarakat,” ujarnya, Sabtu (6/5).

Hal senada juga disampaikan oleh salah satu Mahasiswa Fakultas Psikologi Devy Syafa Aulia. Ia mengungkapkan, materi yang disampaikan memberikan pengetahuan baginya tentang sosok wanita sebagai ibu rumah tangga dan figur dalam masyarakat. “Ini pengalaman penting bagi saya sebagai perempuan yang nantinya menjadi seorang ibu,” ungkapnya, Sabtu, (6/5).


Atik Zuliati

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Generasi Rabbani, Kartini Masa Kini
Generasi Rabbani, Kartini Masa Kini
https://3.bp.blogspot.com/-Bv-ktphIkV4/WRKKI_QMvII/AAAAAAAAJTc/JWwRVAD6ELA97ePxvq-RfWoLZ4J2ZIJ_QCLcB/s400/template%2Bfoto%2Bweb%2Binstitut.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-Bv-ktphIkV4/WRKKI_QMvII/AAAAAAAAJTc/JWwRVAD6ELA97ePxvq-RfWoLZ4J2ZIJ_QCLcB/s72-c/template%2Bfoto%2Bweb%2Binstitut.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2017/05/generasi-rabbani-kartini-masa-kini.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2017/05/generasi-rabbani-kartini-masa-kini.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago