Archive Pages Design$type=blogging

Aksi Stop Pameran Rokok



Aksi menolak Pameran World Tobacco Process and Machinery (WTPM) bukan hal baru dikalangan mahasiswa kesehatan. Pada 2012 pameran WTPM diadakan pertama kali di Jakarta dengan nama World Tobacco Asia dan menuai protes dari mahasiswa, panitia penyelenggara pada saat itu berjanji untuk tidak mengadakan pameran yang sama lagi.

Seakan tak jerah, pada tahun 2014, pameran tersebut kembali diadakan di Bali dengan tema yang berbeda Inter-Tabac Asia. Berkat aksi yang dilakukan mahasiswa, pameran tersebut akhirnya dibubarkan. Sayangnya, tahun 2016 lalu di bulan April WTPM kembali digelar, yang membuat mahasiswa berusaha untuk membubarkan pameran tersebut, namun sangat disesalkan aksi yang dilakukan mahasiswa tidak membuahkan hasil.

Tahun 2017 Aksi menolak pameran WTPM terulang kembali dilakukan oleh beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Universitas Indonesia (UI), Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKIM), Universitas Yarsi dan perwakilan dari Universitas di Semarang.

Bukan tanpa alasan aksi yang digelar kembali di Jakarta Internasional Expo (JIExpo) Kebayoran, Jakarta. Peserta aksi yang berjumlah 169 mahasiswa sangat menyayangkan diadakannya kembali pameran WTPM. Menurut Manik Marganamahendra, mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), UI selaku Koordinator Lapangan (Korlap) “Pameran WTPM ini sangat membahayakan bagi kesehatan, jika produksi rokok meningkat tentunya konsumen rokok juga meningkat”tuturnya. Rabu (17/05)

Kekecawaan mahasiswa terhadap sikap penyelenggara pameran WTPM yang tidak memikirkan angka perokok di Indonesia yang sekarang menduduki peringkat 4 dunia. Membuat mahasiswa melemparkan boneka pocong ke dalam gerbang. Mereka mengibaratkan boneka tersebut sebagai contoh salah satu korban dari 21 yang meninggal perjamnya akibat rokok. Terlihat dibalik pagar besi ada 12 polisi dan 3 satpam yang hanya mengawasi jalannya aksi. Polisi sama sekali tidak melakukan perlawanan.

Peserta aksi berharap agar aksi tahun ini menjadi yang terakhir. Muhammad Lutfi, ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat (HMPSKM), UIN menuturkan jangan sampai aksi menolak WTPM ini menjadi agenda tahunan. Mengingat aksi juga pernah dilakukan sejak 2012 silam. Dia sangat menginginkan agar aksi tahun ini mendapat respon yang baik.

Ketegangan kembali terjadi, saat pembawa acara yang Johan Bima Putra dan M. Arief Dalimunthe, mahasiswa FKM UI, menginstruksi peserta aksi untuk lebih mendekat ke pagar JIExpo. Setelah itu, ia mempersilahkan mahasiswa untuk berorasi sambil meneriaki “Kick WTPM.”

Di sela aksi  Akbar Maulana, mahasiswa yang menyamar sebagai penyusup di dalam pameran. Menceritakan bahwa di dalam ruangan pameran terdapat sebuah mesin yang mampu memproduksi rokok sebanyak 400 hingga 750 batang permenitnya.

Beda Akbar beda pula Julius Prabowo, mahasiswa yang kini menjabat sebagai  ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) menceritakan kisahnya bisa masuk ke dalam pameran. Mereka mengelilingi pameran dan merekam sambil memegang poster yang bertuliskan 21 korban yang meninggal permenitnya akibat rokok.

Salah satu peserta aksi, M. Al Ridho Prawira, mahasiswa kesehatan masyarakat, UIN juga memiliki harapan besar dengan diadakannya aksi Rabu (17/05) tersebut. Ridho menyarankan jika aksi hari ini tidak membuahkan hasil, maka perlu diadakan aksi lagi. Pernyataan tersebut dibenarkan oleh korlap aksi, Ia juga berencana akan tetap melakukan aksi sampai pameran serupa tidak diadakan lagi di Indonesia.


NF 

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Aksi Stop Pameran Rokok
Aksi Stop Pameran Rokok
https://3.bp.blogspot.com/-X2F73mAstUE/WSkvQfh0ydI/AAAAAAAAJb0/1c5LHxSikmkW9ODJW3qCtCqwfNtkPdD0gCLcB/s400/template%2Bfoto%2Bweb%2Binstitut.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-X2F73mAstUE/WSkvQfh0ydI/AAAAAAAAJb0/1c5LHxSikmkW9ODJW3qCtCqwfNtkPdD0gCLcB/s72-c/template%2Bfoto%2Bweb%2Binstitut.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2017/05/aksi-stop-pameran-rokok.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2017/05/aksi-stop-pameran-rokok.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago