Archive Pages Design$type=blogging

Wajah Pendidikan yang Tertinggal



Foto dan Teks: Rheza Khabil Farozi (Mahasiswa Konsentrasi Jurnalistik, Fidikom, UIN Jakarta



SD Negeri 03 Desa Dano, Garut, merupakan sekolah yang jauh dari perkotaan. Letaknya kurang lebih berjarak 10 KM dari jalan raya. Sekolah ini hampir seluruh muridnya terlahir dari orang tua yang memiliki status ekonomi rendah.
  

Seperti pada umumnya, sekolah yang berada di Kecamatan Leles itu memiliki kelas dari tingkat satu hingga enam. Anak-anak pada tingat satu memiliki antusias tinggi untuk belajar, terlihat dari jumlah mereka yang banyak. Namun semakin tinggi tingkatan antusias mereka semakin berkurang, terlihat dari jumlah murid pada tingkat dua hingga enam yang semakin sedikit. Hal itu karena kebanyakan dari mereka lebih memilih berkebun membantu orang tua dibanding belajar.

Berbagai kekurangan begitu tergambar dari sekolah yang dikelilingi bukit tersebut. Selain minimnya fasilitas, kurangnya tenaga pendidik pun jadi kendala. Hal itu yang menyebabkan banyak anak murid yang belum pandai membaca meski sudah berada di tingkat dua dan tiga.

SD Negeri 03 Desa Dano merupakan salah satu potret minimnya perhatian pemerintah Indonesia terhadap pendidikan di pelosok Indonesia. Pemerintah harus melakukan pembenahan infrastruktur dan tenaga pendidik pada sekolah yang serupa dengan SD Negeri di kota dodol tersebut. Karena fasilitas menentukan fasilitas sumber daya manusia untuk masa depan.

 
 


COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Wajah Pendidikan yang Tertinggal
Wajah Pendidikan yang Tertinggal
https://2.bp.blogspot.com/-b7kqBjgRV70/WOJtpJfGCLI/AAAAAAAAJO4/-R7gQsaoU44VGBYW-2S-mqXH7EDHJZSEwCLcB/s400/1.JPG
https://2.bp.blogspot.com/-b7kqBjgRV70/WOJtpJfGCLI/AAAAAAAAJO4/-R7gQsaoU44VGBYW-2S-mqXH7EDHJZSEwCLcB/s72-c/1.JPG
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2017/04/wajah-pendidikan-yang-tertinggal.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2017/04/wajah-pendidikan-yang-tertinggal.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago