Archive Pages Design$type=blogging

Ubah Sampah Jadi Berkah




Menurut sebagian masyarakat, sampah dianggap kotor dan tak bernilai. Komunitas sampahkoe jadikan sampah sebagai sumber rezeki

Komunitas Sampahkoe dibangun karena tekad Khilda Baiti Rohmah untuk menaikkan taraf kehidupan para pemulung di daerahnya. Wanita asal Cimahi, Bogor, ini membentuk Komunitas Sampahkoe bersama teman-teman kuliahnya. Khilda menuturkan, salah satu cara untuk menaikkan pendapatan para pemulung adalah dengan mengubah sampah menjadi sesuatu yang bernilai di masyarakat.

Awalnya, Khilda dan kawan-kawan mendapat tugas menjadi pendamping masyarakat untuk tempat pengelolaan sampah di Cimahi. Mereka yang merupakan mahasiswa Teknik Lingkungan, Universitas Pasundan, Bandung, Jawa Barat, memberikan pelatihan  pengelolaan sampah kepada masyarakat. Pelatihan itu berupa pembuatan pupuk kompos dan aneka barang kerajinan yang layak jual dari sampah. 

Kegiatan mereka disambut antusias oleh warga sekitar. Terlebih ketika mereka ingin mengadakan pasar rakyat untuk memasarkan produk hasil pengelolaan sampahnya. Dari situlah, pada tahun  2009, Komunitas Sampahkoe resmi didirikan. Sehinggga program pendamping masyarakat dalam mengelola sampah terus berlanjut sampai sekarang . 

Pada tahun pertama didirikan komunitas ini banyak mengalami rintangan. Salah satunya dari segi pendanaan. Hingga, sebagai ketua Khilda harus rela menyisihkan 30% dari gajinya untuk kegiatan Komunitas Sampahkoe. Begitu pun dengan anggota lainnya yang secara konsisten memberikan pelatihan kepada masyarakat.

Usaha dari anggota komunitas sampahkoe pun membuahkan hasil. Komunitas Sampahkoe semakin mendapatkan sambutan baik dari masyarakat luas. Bahkan yang awalnya wilayah binaan Sampahkoe hanya di Cimahi, bertambah luas ke daerah Sukabumi, Bandung, dan Jambi. Hingga kini, total masyarakat yang dibina mencapai 5000 orang.  

Komunitas Sampahkoe menjalankan beberapa program, salah satunya membina ibu-ibu rumah tangga untuk lebih produktif mengelola sampah. Ibu-ibu rumah tangga diajarkan untuk membuat berbagai kerajinan tangan dari sampah yang kemudian dijual di pasar sehingga menjadi tambahan pendapatan mereka. 

Tak hanya itu, Komunitas Sampahkoe membuka program tabungan bersalin (berlin). Seperti yang dilakukan ibu-ibu  Desa Palasari, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Para ibu yang bergabung dengan komunitas Sampahkoe menyisihkan uang hasil kerja produktifnya dari untuk kegiatan bersalin mereka. Mulai dari pemeriksaan ketika hamil hingga melahirkan. 

Selain kerajinan dari sampah, Komunitas Sampahkoe membuat produk suka saku enzim dari sampah organik. Enzim ini mengandung probiotik untuk penanganan pertanian, peternakan, pengelolaan limbah industri, pengelolaan energi alternatif dan lain-lain.  Hingga akhirnya, Komunitas Sampahkoe membuat pertanian hidroponik yang lahanya berada di Kota Baru Parahyangan. 

Selain suka saku enzim, Komunitas Sampahkoe juga membuat bioetanol dari bahan dasar sampah sayur, buah, dan kertas. Bioetanol merupakan bahan bakar untuk kendaraan-kendaran bermotor. Sehingga bioethanol dapat digunakan sebagai pengganti solar dan bensin. 

Bagi Khilda dan kawan-kawan komunitasnya, sampah merupakan berkah dalam hidup. Menurutnya, sampah pun mampu memdorong perekonomian dan kemandirian masyarakat jika mau dan mampu mengolahnya. ”Allah mencintai kebersihan, karenanya kita semua mendapat berkahnya dari sampah,” ujar wanita yang mendapat berbagai penghargaan di tingkat daerah hingga internasional ini.


Jannah Arijah

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Ubah Sampah Jadi Berkah
Ubah Sampah Jadi Berkah
https://2.bp.blogspot.com/-klAlt_gD9Us/WOJjweNOsII/AAAAAAAAJOo/1HLBX2aDALoPycd0Z0vtyfH7m_5kPrZfACLcB/s400/template%2Bfoto%2Bweb%2Binstitut.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-klAlt_gD9Us/WOJjweNOsII/AAAAAAAAJOo/1HLBX2aDALoPycd0Z0vtyfH7m_5kPrZfACLcB/s72-c/template%2Bfoto%2Bweb%2Binstitut.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2017/04/ubah-sampah-jadi-berkah.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2017/04/ubah-sampah-jadi-berkah.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago