Archive Pages Design$type=blogging

Ironi Kelam Hidup Chiron

    


Judul: Moonlight
Durasi: 111 menit
Tahun: 2016
Sutradara: Barry Jenkins


    Sejak kecil, Chiron sudah tak asing dengan dunia narkoba. Hingga dewasa, dunia itu ikut tumbuh bersama dirinya.

Anak adalah cerminan diri saat dewasa nanti. Setiap anak di dunia ini tak punya pilihan siapa dan di mana ia dilahirkan. Lingkungan kumuh, transaksi narkoba, kebiasaan bullying, hingga ibu pecandu narkoba menjadi jalan hidup hingga ia dewasa. 

Di sebuah kota bernama Liberty City, tinggal seorang anak kulit hitam yang bernama Chiron. Ia memiliki sifat sedikit bicara kepada orang-orang yang ditemuinya. Semasa kecilnya, ia akrab disapa Little. Dalam keseharian, ia juga sering dianiaya oleh anak seumurannya. Tempat tinggalnya sendiri merupakan daerah yang kumuh dan identik dengan transaksi narkoba. Keluarganya, terutama sang ibu, adalah seorang pecandu narkoba sekaligus berprofesi sebagai pekerja seks komersial. 

Sikap Little mulai berubah ketika ia bertemu dengan Juan (Mahershala Ali), salah satu penjual narkoba di kota tersebut. Juan menemukan Little yang saat itu tengah bersembunyi dari kejaran teman-temannya. Melihat kondisinya yang terancam, Juan mengajak Little untuk pergi ke rumahnya. 
Pasangan Juan, Teresa (Janella Monae) turut menyambut kedatangan Little. Awalnya, Little masih enggan untuk bicara. Namun pada akhirnya ia mulai membuka diri dan membalas sapaan pasangan tersebut. 

Lama kelamaan, Little melihat figur orangtua yang sesungguhnya dari sosok Juan dan Teresa. Sebab selama ini, ia tak merasakan peran ayah dan ibu yang merawatnya. Kedekatan Little dengan Juan pun bertambah saat ia mengajari Little berenang di pantai. Sama halnya dengan Teresa yang kian hari akrab dengan Little lewat candaan dan makan bersama.

Dalam dunia pertemanan pun Little dikucilkan oleh teman sebayanya. Hanya Kevin, satu satunya anak yang mau berteman dengannya. Melihat keakraban Kevin dengan Little, teman-teman yang lain menyangka bahwa mereka homoseksual dan menyebutnya gay. Kemudian, Little pun menanyakan hal tersebut kepada Juan tentang kemungkinan akan dirinya seorang homoseksual.

Mendengar hal ini, Juan memberikan pengertian bahwa homoseksual adalah salah satu orientasi seks yang berbeda dari orang kebanyakan dan tak perlu malu untuk disembunyikan. Lain halnya gay adalah sebutan untuk menghina orang-orang homoseksual. Ia pun menambahkan jika ada yang menyebut dirinya itu homoseksual, untuk tidak marah. Berbeda halnya jika dipanggil gay wajar untuk dirinya mengambil sikap marah misalnya.

Menjelang remaja, Chiron (Ashton Sanders) panggilan remajanya, masih menjadi korban aniaya dari temannya. Ia masih sering mengunjungi Teresa, walaupun Juan sudah lama meninggal. Di fase inilah ia mulai mengetahui jati dirinya, terutama orientasi seksualnya yang seorang homoseksual. Chiron pun mulai melakukan perlawanan kepada teman sekolah yang terus menganiaya dirinya. Hingga akhirnya ia masuk penjara karena melakukan tindakan kekerasan tersebut. 

Fase terakhir ketika dewasa, Chiron pun dikenal dengan nama panggilan Black (Trevante Rhodes). Di masa ini, ia mengalami perubahan drastis seperti badannya yang mulai berotot, maskulin, dan beberapa perhiasan yang ia kenakan saat ini. Kehidupan Black yang dulu miskin berubah menjadi kaya raya.

Pekerjaannya sebagai pengedar narkoba yang menjadi faktor utama kesuksesannya sekarang. Seringkali ia mengendarai mobil mewah untuk berkeliling kota. Tak hanya itu, ia juga mulai banyak bergaul dengan orang baru. Sosoknya yang sekarang pun justru ditakuti banyak orang.

Kisah pun berlanjut ketika Kevin menghubungi Black untuk bertemu. Saat itu, Kevin adalah seorang pelayan restoran. Ia pun tak menyangka dengan perubahan drastis pada diri Black. 

Ia pun berusaha meyakinkan Black bahwa ia bukanlah Chiron yang dulu. Chiron yang tadinya lugu, pendiam, menjadi seorang yang menakutkan dan melakukan pekerjaan yang menyimpang. Walaupun kehidupan Kevin tidak sebanding dengan Black saat ini, tetapi ia hidup dengan tenang tanpa ada masalah yang membayanginya. Sebagai pengedar narkoba pastilah lebih berisiko ketimbang pelayan restoran seperti pekerjaan  Kevin. Mendengar hal ini, Black pun mulai sadar dan mengingat dirinya yang dulu yaitu kebencian akan dunia hitam narkoba.

Film yang disutradai oleh Barry Jenkins memberikan gambaran realita kehidupan di lingkungan kumuh pinggiran Amerika Serikat, Miami. Mulai dari aktivitas jual beli narkoba, masalah gender hingga kemiskinan. Kemudian kepiawaian sinematografer, James Laxton mampu memgambarkan kepada penonton tentang situasi dan perasaan Chiron dari kecil hingga dewasa. Walaupun sosok Chiron dibawakan dengan tiga tokoh berbeda, penonton masih bisa memahami keadaan atau emosi yang terjadi pada diri Chiron.

Kehidupan Chiron yang miskin harta dan kasih sayang dari orangtua ia jalani sepanjang hidupnya. Kasih sayang itu malah ia dapat dari orang lain, seperti Juan, Teresa, ataupun Kevin. Setelah dewasa, ia pun kembali masuk ke dalam dunia narkoba sebagai pengedar yang merupakan pekerjaan haram dan penuh risiko. 

Moonlight berhasil menggambarkan sisi humanis dan artistik dari sulitnya kehidupan seorang anak kecil kulit hitam hingga dewasa. Tak heran film ini pun berhasil mendapatkan tiga penghargaan sekaligus dalam ajang Academy Awards atau Oscar sebagai film terbaik, skenario adaptasi terbaik. Sekaligus mengantarkan Mahershala Ali (Juan) sebagai aktor pendukung terbaik.



Eli Murtiana

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Ironi Kelam Hidup Chiron
Ironi Kelam Hidup Chiron
https://3.bp.blogspot.com/-MFVPePYgKug/WOJrLIWRLcI/AAAAAAAAJO0/YAg3WxHlsWsk_-2H0PPIhLkIaMls0T74ACLcB/s400/2016-10-30-1477863644-6514640-moonlight.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-MFVPePYgKug/WOJrLIWRLcI/AAAAAAAAJO0/YAg3WxHlsWsk_-2H0PPIhLkIaMls0T74ACLcB/s72-c/2016-10-30-1477863644-6514640-moonlight.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2017/04/ironi-kelam-hidup-chiron.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2017/04/ironi-kelam-hidup-chiron.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago