Archive Pages Design$type=blogging

Sisi Lain Bus


Bus bukan hanya sekadar alat transportasi. Bismania Community mengulas hal menarik akan bus.

Berangkat dari hobi bepergian dengan bus membuat beberapa orang membentuk Bismania Community. Menurut mereka, penggunaan bus dapat mengurangi kepadatan jalan raya yang disebabkan banyaknya kendaraan pribadi. Nyatanya, bus memiliki daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. “Intinya, menjadi wadah untuk bertukar informasi tentang dunia bus di Indonesia,” ujar Ketua Badan Koordinasi Daerah (bakorda) Jawa Barat, Andry Zaenal, Kamis (10/11).

Dalam perjalanannya, Bismania Community mengkampanyekan “Ayo Naik Bus” kepada masyarakat Indonesia untuk beralih ke bus dan mensosialisasikan “Jalan Raya Milik Bersama” bagi para awak bus. Di mana jalanan bukan hanya milik pengendara bus melainkan milik semua pengguna dan diharapkan harus berhati-hati dalam berkendara. Komunitas Bismania juga aktif mengikuti event otomotif yang identik dengan bus.

Selain beranggotakan penggemar bus, Bismania Community juga berisi para pengguna bus dan pengamat transportasi. Berdiri sejak 8 Maret 2008, para penggemar bus mendirikan komunitas ini di Kutoarjo, Jawa Tengah. Hingga sekarang, komunitas ini telah merambah sejumlah pulau di Indonesia seperti Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan dan Sumatera.

Kini, komunitas yang telah tercatat sebagai badan hukum di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia ini telah memiliki anggota resmi lebih kurang 1500 orang yang tersebar di berbagai wilayah. Ditambah dengan struktur organisasi yang lengkap di tujuh bakorda antara lain Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera, serta Bali dan Nusa Tenggara dalam satu bakorda.

Komunitas Bismania memiliki kegiatan rutin seperti kopi darat (kopdar) setiap bulannya dan safety hunting. Kegiatan ini yaitu cara pengambilan gambar dengan objek bus yang sedang berhenti, perval atau menginap, dan berjalan. Agar aktivitas tersebut tidak mengganggu keamanan dan kenyamanan pengguna jalan lain. Kegiatan lainnya, kunjungan ke Perusahaan Otobus (PO) bus untuk menanyakan seputar informasi seperti otomotif bus (chassis, karoseri).

Akan tetapi, kegiatan komunitas ini tidak melulu serba bus, melainkan kegiatan sosial. Belum lama, komunitas Bismania melakukan acara bakti sosial untuk korban banjir di Garut dan korban erupsi Gunung Sinabung. Lalu tiap tahunnya, semua anggota yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia berkumpul dalam acara Jambore Nasional.

Komunitas ini bukan hanya menambah kecintaan akan bus, tapi juga mengetahui info lain tentang bus-bus yang ada di Indonesia. Bagi masyarakat yang tertarik dengan bus dan ingin bergabung dengan komunitas Bismania, cukup datang kopdar bulanan di berbagai daerah sesuai domisili calon anggota. Selanjutnya akan dijelaskan tentang peraturan dan tata tertib komunitas ini, selain itu tidak dipungut biaya sepeser pun.

Selanjutnya bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut bisa mengunjungi media sosial komunitas Bismania. Mulai dari web www.bismania.org, Facebook, Twitter dan Line, bismania community.

Salah satu anggota Bismania Community Koordinator Wilayah Jambi, Angga Widya Putra menerangkan kesan tersendiri tergabung dalam Bismania Community. Selain senang akan bertemu dengan teman dari berbagai korda sekaligus menjadi keluarga. “Bukan sekadar teman tapi sudah seperti keluarga,” terangnya  via WhatsApp, Jumat (11/11). 

Eli Murtiana

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Sisi Lain Bus
Sisi Lain Bus
https://4.bp.blogspot.com/-VF5YaI1pVWI/WEFFTxxyRjI/AAAAAAAAI0s/o7_k7ZBqUGw1V-nk5OudSENmjxXIMkX-wCLcB/s400/TEMPLATE%2BFOTO%2BDI%2BWEB%2B00.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-VF5YaI1pVWI/WEFFTxxyRjI/AAAAAAAAI0s/o7_k7ZBqUGw1V-nk5OudSENmjxXIMkX-wCLcB/s72-c/TEMPLATE%2BFOTO%2BDI%2BWEB%2B00.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2017/01/sisi-lain-bus.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2017/01/sisi-lain-bus.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago