Archive Pages Design$type=blogging

Negara Indonesia, Negara Pancasila

Judul                           : Negara Paripurna
Penulis                         : Yudi Latif
Jumlah Halaman         : 671 halaman
Penerbit                       : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit               : Desember 2015

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan beragam suku dan corak budaya, tentu Indonesia membutuhkan suatu dasar falsafah. Hal itu akan menjadi pegangan dalam setiap lini kehidupan berbangsa. Oleh karena itu, lahirlah Pancasila sebagai pemersatu dan pandangan hidup yang mengarahkan  bangsa untuk mencapai cita-cita bersama.

Namun di usia Indonesia yang sudah lebih dari 60 tahun ini, Pancasila belum dapat diaplikasikan secara utuh, apalagi sempurna. Bahkan terjadi kekhawatiran akan tergerus oleh arus globalisasi, yang berdampak secara fisik dan psikis. Sehingga dapat menimbulkan sikap dilematis antara persaingan dan kesetiaan.

Hal tersebut tampak dalam berbagai fenomena yang terjadi di berbagai aspek kehidupan nasional, yang seakan-akan mempertontonkan keraguan berideologi. Misalnya tampak pada seruan akan penolakan Pancasila sebagai dasar negara yang dilakukan oleh beberapa kelompok radikal akhir-akhir ini. Nyaris mengakibatkan bangsa ini semakin terpuruk, terombang-ambing dan kehilangan jati diri.

Bangsa Indonesia hendaknya mengarahkan kembali perhatian terhadap Pancasila. Terlebih terhadap nilai-nilai luhurnya yang bisa terus-menerus digali dan ditafsirkan kembali. Bukan saja bagi kehidupan bernegara, melainkan juga bagi kehidupan berbangsa dan bermasyarakat. Berdasarkan uraian diatas, maka lahirlah buku Negara Paripurna sebagai jawaban atas berbagai polemik bangsa dalam berideologi Pancasila.

Buku ini membahas Pancasila menggunakan tiga pendekatan sebagaimana tertera pada sub judul, yakni dari sisi Historisitas, Rasionalitas, dan Aktualitas Pancasila. Hal ini dilakukan semata untuk memperlihatkan bahwa Pancasila mestilah dipahami di dalam suatu rentang waktu. Ia bukan produk yang tiba-tiba terjatuh dari langit, melainkan melalui proses panjang dan berliku.

Melalui sisi historisitas, ditegaskan bahwa ketika kita berbicara tentang Pancasila, sebuah sejarah telah terbentang jauh di belakangnya. Diakui oleh sejarah,  jika Kelahiran Pancasila tidak serta merta melalui proses mudah. Melainkan disertai jalan terjal dengan berbagai pertentangan dan perundingan alot mewarnai alur perumusannya.

Kemudian dari sisi rasionalitas yang berarti bahwa Pancasila sebagai dasar untuk mempersatukan kemajemukan bangsa yang sangat berenekaragam ini mampu diuji dan dipertahankan. Karena Pancasila lahir dari proses pemikiran mendalam sehingga membuatnya menjadi produk yang tahan banting.

Dan yang terakhir adalah pendekatan dari sisi aktualisasi, artinya bahwa nilai-nilai Pancasila secara intrinsik dapat diaktualisasikan  pada setiap masa. Juga ketika bangsa kita mengalami berbagai perkembangan yang sangat cepat. Pendeknya, Pancasila menyediakan nilai-nilai yang bukan hanya untuk membangun sebuah bangsa yang solid dan kokoh, melainkan juga untuk mewujudkan sebah negara yang paripurna.

Akan tetapi, sering dijumpai kata ilmiah yang kemungkinan kurang dipahami pembaca. Namun, karya ini penting untuk dipahami masyarakat terutama para penyelenggara negara, sebagai bahan intropeksi terhadap pranata kebijakan dan sosial yang tidak sesuai dengan jiwa Pancasila. Dengan demikian nilai-nilai Pancasila nantinya akan dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari secara konsisten, sehingga secara bertahap cita-cita kemerdekaan dapat diraih.

AKK

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Negara Indonesia, Negara Pancasila
Negara Indonesia, Negara Pancasila
https://4.bp.blogspot.com/-H2s6ke-q5rc/WHnBDn56WJI/AAAAAAAAJDQ/WSd8nGVeSpcXJwYGaEnVyXkgdfMNu3fVgCLcB/s400/negara%2Bparipurna.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-H2s6ke-q5rc/WHnBDn56WJI/AAAAAAAAJDQ/WSd8nGVeSpcXJwYGaEnVyXkgdfMNu3fVgCLcB/s72-c/negara%2Bparipurna.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2017/01/negara-indonesia-negara-pancasila.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2017/01/negara-indonesia-negara-pancasila.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago