Archive Pages Design$type=blogging

Bela Rakyat Lewat Aksi 121


Awal Tahun 2017, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan beberapa kebijakan, seperti menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), tarif dasar listrik, dan  administrasi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) serta Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Kebijakan ini pun mendapat respons dari kalangan mahasiswa yang tergabung dalam aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM-SI). Mereka yang terdiri dari mahasiswa se-Jabodetabek dan Banten ini menuntut pemerintah lewat demonstrasi yang dikenal Aksi 121 Bela Rakyat di depan Istana Negara, Jakarta, Kamis (12/1).

Aksi dimulai dengan sekumpulan mahasiswa yang membentuk border di depan patung kuda yang ada di Jalan Medan Merdeka Selatan. Dari sana, mereka melakukan long march menuju Istana Merdeka. “Buruh tani, mahasiswa, rakyat miskin kota. Bersatu padu rebut demokrasi,” teriak mahasiswa dalam aksinya.

Sekitar 20 meter dekat Istana Merdeka, kumpulan mahasiswa ini dihadang oleh barikade polisi wanita. Salah satu mahasiswa Politeknik Akademi Kimia Analisis (AKA) Bogor Fauzi langsung berorasi di tengah kerumunan mahasiswa dan polisi. “Kita tidak akan berhenti melakukan aksi ini sebelum bertemu Presiden Jokowi,” ujarnya tegas.

Ketua BEM-SI Bagus Tito Wibisono menjelaskan, ada tiga tuntutan dalam Aksi Bela Rakyat tersebut. Pertama, pemerintah dituntut untuk mencabut PP No. 60 Tahun 2016 tentang Kenaikan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada KepolisianNegara Republik Indonesia. Tuntutan kedua adalah menolak kenaikan tarif dasar listrik golongan 900 VA dan mendesak agar subsidi kembali diadakan untuk tarif dasar listrik golongan 900 VA. Sedangkan poin ketiga yaitu mengembalikan peran pemerintah dalam mengatur penetapan harga BBM.

Aksi Bela Rakyat 121 ini berakhir pada pukul 18.00. Teten Masduki selaku perwakilan dari pihak Istana Negara berjanji akan memenuhi tuntutan mahasiswa. Iriawan selaku pihak kepolisian juga mengapresiasi aksi yang dilakukan oleh BEM-SI. “Alhamdulillah aksi yang dilaksanakan oleh teman-teman mahasiswa dari siang sampai sekarang dapat berjalan lancar dan terkendali,” ungkapnya, Kamis (12/1).

Sikap Dema UIN Jakarta
Sementara itu Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa Universitas (DEMA-U) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Periode 2017 Riyan Hidayat ikut mengapresiasi Aksi 121 Bela Rakyat yang dilakukan BEM-SI. Menurutnya, aksi ini sudah berusaha membela kepentingan rakyat Indonesia. Namun, ia menilai aksi itu terkesan jalan sendirian lantaran kurangnya komunikasi dan konsolidasi pada BEM lainnya. “Saya juga melihat aksi ini seakan milik organisasi tertentu. Mungkin itu yang membuat aksinya terlihat ekslusif,” katanya saat dihubungi melalui Whatsapp, Jumat (13/1).

FFA

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Bela Rakyat Lewat Aksi 121
Bela Rakyat Lewat Aksi 121
https://1.bp.blogspot.com/-CO1Wk_hEwu4/WHk7416ipMI/AAAAAAAAJDA/I_8e_HncbSQTOyyYsdFda154zoSHS3OMgCEw/s400/Untitled-2.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-CO1Wk_hEwu4/WHk7416ipMI/AAAAAAAAJDA/I_8e_HncbSQTOyyYsdFda154zoSHS3OMgCEw/s72-c/Untitled-2.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2017/01/bela-rakyat-lewat-aksi-121.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2017/01/bela-rakyat-lewat-aksi-121.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago