Archive Pages Design$type=blogging

Tak Diloloskan, Calon Kandidat Ajukan Keberatan

Salah satu Calon Kandidat Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) membawa sengketa keberatan atas ketidaklolosannya dalam Pemilihan Umum Raya (Pemira) 2016. Ketidaklolosan calon HMJ Perbankan Syariah tersebut disebabkan adanya kesalahan pada berkas yakni nama calon kandidat di dalam Surat Keputusan (SK).

Pada Sabtu (9/12), pihak calon kandidat berinisial I mendatangi Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menyelesaikan sengketa tersebut. Namun, KPU belum bisa memutuskan hingga akhirnya meminta solusi kepada Rektorat. Pada malam penetapan, KPU mengumumkan hasil sengketa akan diinformasikan tiga hari kemudian yakni pada Selasa (12/12).

Di lain sisi, Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) FEB menjelaskan, faktor tidak lolosnya calon kandidat karena nama yang tertera pada SK HMJ tidak sesuai dengan nama aslinya. “Pada saat itu tim verifikasi menyatakan tidak lolos karena cacat administrasi,” ujar Anwar Fidian, Kamis (22/12). Namun, pada saat dibuka sengketa verifikasi, calon kandidat menggugat KPU dengan alasan keberatan atas ketidaklolosannya, sehingga akhirnya permasalahan itu dibawa ke pihak Rektorat dan calon pun diloloskan.

Sementara itu, Humas KPU Haidir Ali mengatakan pertimbangan diloloskannya calon kandidat karena hal tersebut merupakan - human error - yang terbilang wajar. “Setelah melalui dinamika yang ada, jadi kesalahan terjadi pada nama dalam SK, namun nama tersebut masih merujuk kepada orang yang sama yaitu calon kandidat” ujar Haidir, Jumat (23/12).  Selain itu, ia menjelaskan bahwa calon kandidat sudah membuat surat keterangan yang menunjukkan bahwa nama dalam SK merujuk padanya.

Menanggapi kasus tersebut, Wakil Dekan (Wadek) III Bidang Kemahasiswaan FEB Desmadi Saharuddin mengungkapkan setelah bernegosiasi dengan Dekan, KPPS, dan KPU di ruang Dekanat FEB, mereka memutuskan  memberi kesempatan kepada calon kandidat agar bisa lolos verifikasi dan melanjutkan ke tingkat pemilihan umum. “Memang seharusnya jika ada pemberkasan yang salah termasuk nama, harus segera diteliti dan diperbaiki, atau bisa melampirkan sertifikat lain yang namanya benar.” ujarnya, Kamis (22/12).

Tidak hanya itu, Desmadi juga menghimbau agar para calon nantinya bisa lebih teliti lagi dalam mengurusi hal-hal administratif seperti pemberkasan, “Para calon kandidat harus sering-sering mengecek berkas administratif agar tidak terjadi kesalahan lagi.” tutupnya, Kamis (22/12).

NPR

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Tak Diloloskan, Calon Kandidat Ajukan Keberatan
Tak Diloloskan, Calon Kandidat Ajukan Keberatan
https://2.bp.blogspot.com/-asrlCW72TFk/WGFUz0IZqGI/AAAAAAAAJAM/y7Rx6PNzYScx3frYJ-PSHNmXTlCCg2xkACLcB/s400/TEMPLATE%2BFOTO%2BDI%2BWEB%2B00.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-asrlCW72TFk/WGFUz0IZqGI/AAAAAAAAJAM/y7Rx6PNzYScx3frYJ-PSHNmXTlCCg2xkACLcB/s72-c/TEMPLATE%2BFOTO%2BDI%2BWEB%2B00.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2016/12/tak-diloloskan-calon-kandidat-ajukan.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2016/12/tak-diloloskan-calon-kandidat-ajukan.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago