Archive Pages Design$type=blogging

Orasi Damai Berujung Ricuh

Suci Amalia tengah berada di Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta pada Jumat sore (9/12) lalu. Ia ingin menemui temannya  yang berada di  FSH. Setelah menunggu setengah jam di lantai dasar, teman yang dinanti tak kunjung datang. Ia pun memutuskan naik ke lantai dua FSH untuk mencari temannya tersebut.

Namun, alangkah terkejutnya ketika tengah berada di lantai dua gedung FSH. Amal—biasa ia di sapa—menyaksikan tak kurang dari 50 orang berkumpul di depan ruangan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Terlihat beberapa orang tengah duduk menyaksikan pidato salah satu peserta aksi. Tangga menuju lantai tiga pun tengah dipenuhi peserta aksi. “Kami minta keterangan dari KPPS,” terdengar teriakan dari peserta aksi, ujarnya, Jumat (9/12).

Menurut keterangan Mahasiswi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini, peserta aksi bergantian  melakukan orasi di depan massa. Pada awalnya aksi berjalan dengan tertib tanpa ada kericuhan. Namun, keadaan berubah mencekam sekitar tiga puluh menit kemudian. Pasalnya ada seorang lelaki yang menyambar pengeras suara ketika aksi tengah berlanjut. Tanpa basa-basi lelaki yang memiliki tinggi sekitar 165 sentimeter itu berorasi di depan massa. Tak terima dengan orasi pria tersebut karena diduga provokator, massa aksi pun mengejar ke depan. Aksi saling pukul pun tak terelakkan. “Kericuhan berlangsung sekitar 15 menit,” ujarnya.

Kepala Satuan Pengamanan UIN Jakarta (Satpam) Satori mengungkapkan saat kericuhan terjadi, ia sedang berada di Pos Satpam untuk berjaga. Beberapa saat kemudian, dirinya menerima laporan dari KPU terkait kericuhan di FSH. Setelah mendapat laporan itu, Satori dan enam orang Satpam lain bergegas menuju FSH untuk mengamankan kericuhan.

Sesampai di FSH ia mendapati adu mulut dan saling pukul antar mahasiswa terjadi di lantai dua tersebut. Tanpa basa-basi Ia langsung maju ke tengah-tengah massa untuk melerai keributan. Beruntung, keributan itu bisa diredam dalam waktu singkat. “Tak ada korban jiwa, hanya beberapa orang yang mengalami luka lebam,” ujar Satori, Jumat (9/12).

Salah satu peserta aksi Farid Prasetyo mengatakan mereka berkumpul di FSH menuntut  keterbukaan KPPS dalam penyelesaian sengketa terkait tidak diloloskan pasangan M. Fahmi dan Syahroni dari Hukum Ekonomi Syariah serta pasangan Abdan Syaquro dan Ahmad Syauki Maky dari Prodi Hukum Tata Negara. Mereka menduga terjadi kecurangan dalam proses verifikasi Pemira 2016 oleh KPPS FSH. “Pada awalnya kita ingin meminta keterangan dari KPPS,” ujarnya, Jumat (9/12).

Menanggapi kericuhan dan tuntutan massa aksi, Ketua KPPS FSH Adep Davega Prasna menyampaikan bahwa pihaknya telah menjalankan tugas sesuai dengan prosedur dari KPU. Lebih lanjut ia pun tidak dapat menerima gugatan dari dua pasangan calon yang tak lolos verifikasi. “Tak ada kecurangan,” bantahnya di depan massa aksi, Jumat, (9/12).

Ditemui di depan gedung Student Center, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama FSH Yayan Sofyan menyayangkan kericuhan yang terjadi FSH. Menurutnya, peristiwa ini tak seharusnya terjadi dalam sistem demokrasi, terlebih di kalangan kaum terpelajar. Lebih lanjut, ia pun meminta semua pihak legowo menerima keputusan yang telah ditetapkan oleh KPPS. “Lebih baik menyelesaikan permasalahan dengan jalan musyawarah,” tandasnya, Jumat (9/12).


AZ

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Orasi Damai Berujung Ricuh
Orasi Damai Berujung Ricuh
https://3.bp.blogspot.com/-kOBa-AHeRG0/WE620r8mU8I/AAAAAAAAI5o/QAOW7FW-198nw5bjX-gTuGMjgzFLARB7ACLcB/s400/TEMPLATE%2BFOTO%2BDI%2BWEB%2B00.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-kOBa-AHeRG0/WE620r8mU8I/AAAAAAAAI5o/QAOW7FW-198nw5bjX-gTuGMjgzFLARB7ACLcB/s72-c/TEMPLATE%2BFOTO%2BDI%2BWEB%2B00.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2016/12/orasi-damai-berujung-ricuh.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2016/12/orasi-damai-berujung-ricuh.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago