Archive Pages Design$type=blogging

Pertanyakan Keberadaan Dosen PA



Keberadaan Dosen Penasehat Akademik (PA) di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta menjadi sebuah pertanyaan.  Beberapa mahasiswa menilai kurangnya peran Dosen PA dalam memberikan bimbingan. Salah satu alasan adalah kurangnya pertemuan antara Dosen PA dengan mahasiswa secara intensif.

Baca: Dosen PA Antara Ada dan Tiada

Padahal dalam buku Pedoman Akademik tertulis Dosen PA wajib menyelenggarakan forum perkenalan dengan seluruh mahasiswa bimbingan. Forum pertemuan ini diutamakan untuk mahasiswa semester  awal. Munculnya pelayanan akademik secara online menjadi salah satu faktor kurangnya inisiatif dari dosen dan mahasiswa untuk melakukan pertemuan.

Wakil Rektor Akademik Fadhilah Suralaga mengungkapkan,Dosen PA dan mahasiswa mempunyai keharusan melakukan pertemuan minimal dua kali dalam satu semester. “Dosen Pembimbing Akademik mengumpulkan seluruh mahasiswa akademiknya dalam kelompok besar sekitar 40 atau 15 mahasiwa di awal semester,” ungkapnya, Selasa (20/9). Menurutnya pembahasan semester awal biasanyamembahas program studi atau fakultasterkait akademik sepereti mata kuliah, peraturan, dan sistim akademik.

Fadhilah menambahkan, untuk meminimalisir kurangnya peran Dosen PA adalah dengan menunjuk mahasiswa sebagai koordinator. Nantinya mahasiswa yang ditunjuk sebagai koordinator akan menjadi mediasi membahas pertemuan antara mahasiwa dengan Dosen PA.Khusus untuk mahasiswa dengan kelompok kecil seperti tiga atau lima mahasiswa, tidak perlu melakukan koordinasi. Cukup melakukan janji temu dengan Dosen PA atau menggunakan sarana komunikasi.

Dari survei yang dilakukan Penelitian dan Pengembangan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Institut, mahasiswa UIN Jakarta merasa Dosen PA masih kurang dalam melakukan pertemuan dengan mahasiswa bimbingannya.

*Survei ini dilakukan oleh Litbang Institut pada 19-22 September 2016 kepada 200 responden dari mahasiswa di seluruh fakultas yang ada di UIN Jakarta. Metode pengambilan dalam survei ini adalah Propotionated Stratified Random sampling. Hasil ini tidak dimaksudkan untuk mengevaluasi Dosen PA yang ada di UIN Jakarta.

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Pertanyakan Keberadaan Dosen PA
Pertanyakan Keberadaan Dosen PA
https://1.bp.blogspot.com/-bU_EkATurFA/V_IzwI_zcEI/AAAAAAAAH_w/vwCT3HH3jDAyul4IOgeVYzyhEOuh4A4JgCLcB/s400/Jadi%2B2.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-bU_EkATurFA/V_IzwI_zcEI/AAAAAAAAH_w/vwCT3HH3jDAyul4IOgeVYzyhEOuh4A4JgCLcB/s72-c/Jadi%2B2.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2016/11/pertanyakan-keberadaan-dosen-pa.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2016/11/pertanyakan-keberadaan-dosen-pa.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago