Archive Pages Design$type=blogging

Langkah GBM Wujudkan Pemerataan Pendidikan Banten


Wisuda pengajar Gerakan Banten Mengajar (GBM) digelar dalam acara bertajuk Rembug Penggerak Pendidikan Banten: Peluang dan Tantangan Menghadirkan Pendidikan Inklusif dan Berkualitas Setara Untuk Mendukung Kesempatan Belajar Setiap Anak di Banten yang dilaksanakan pada Sabtu, (15/10) di Futsal Camp, Tangerang Selatan. Wisuda tersebut diikuti oleh 15 orang pengajar GBM angkatan ke-II dan ditandai dengan penyerahan sertifikat.

GBM adalah komunitas yang terdiri dari beberapa orang sebagai pengajar dan penggerak yang peduli di bidang pendidikan, khususnya di daerah Banten. Agustus lalu, pengajar GBM angkatan ke-II ditempatkan di beberapa sekolah di daerah Pandeglang, Banten, untuk mengabdi pada masyarakat sekitar. Laporan pertanggungjawaban (LPJ) kegiatan tersebut kemudian disampaikan oleh penggerak GBM angkatan ke-II Muammar Alwi sekaligus penyerahan LPJ kepada Steering Comitte Fauzan Arrasyid dalam Rembug Penggerak Pendidikan Banten. Setelah penyerahan LPJ, Alwi memberikan penyerahan amanah kepada Project Leader GBM angkatan ke-III Rahmi Febriani.

Acara tersebut dilanjutkan ke talkshow pendidikan yang membahas tentang tidak meratanya pendidikan untuk anak bangsa seperti halnya di daerah Muncang, Banten. Talkshow tersebut dihadiri oleh Perwakilan Direktur Jenderal Guru Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Gogot Suharwoto, Kepala Unit Pelaksanaan Teknik Pendidikan Daerah Muncang Rukyat, Perwakilan Dinas Pendidikan Banten Lukman, dan Pendiri GBM Angger Sutawijaya.

Pendiri GBM Angger Sutawijaya mengatakan, terbatasnya tenaga pengajar menjadi salah satu faktor yang memengaruhi kulitas pendidikan di Muncang. Tak hanya itu, Angger juga menjelaskan bahwa tingkat ekonomi di daerah tersebut masih rendah. “Mereka hanya mendapatkan gaji sebesar Rp200ribu,” ujarnya, Sabtu (15/10).

Menurut Project Leader GBM angkatan ke-III Rahmi Febriani, Rembug Penggerak Pendidikan Banten bertujuan untuk saling berbagi pengalaman antar pengajar GBM. Tak hanya internal GBM, sharing pengalaman juga dilakukan dengan beberapa komunitas yang sama-sama bergerak di bidang pendidikan, semisal Komunitas Turun Tangan Banten dan Komunitas Untuk Negeri. “Kami mencari solusi untuk penyetaraan pendidikan di Banten. Sebab, kondisi pendidikan di sana sangat berbeda antara perkotaan dengan pedesaan,” ungkapnya, Sabtu (15/10).

Pengajar GBM angkatan ke-I Titin Supartini Yunengsih berpendapat, acara ini juga menjadi ajang silaturahmi, terutama untuk semua angkatan pengajar GBM. “Di sini kita juga mengevaluasi kekurangan pengajar GBM dan kemudian diperbaiki di angkatan selanjutnya,” pungkasnya, Sabtu (15/10).

Salah satu pengajar GBM angkatan ke-II Muhammad Noval Karom menuturkan, dengan adanya acara ini ia bisa mengetahui kondisi pendidikan di masa sekarang dan masa yang akan datang. Dari sini, ia berusaha untuk lebih peka dalam meningkatkan pendidikan di Indonesia.

Noval bercerita, alasannya bergabung dengan GBM karena prihatin dengan kondisi pendidikan yang tak merata di daerah Banten. Jurang terjal kualitas pendidikan antar perkotaan dengan pedalaman menjadi salah satu faktornya. Ia berharap, anak-anak di Indonesia mendapat pendidikan yang sama rata, baik itu di desa maupun di kota. “Supaya ada jiwa kompetitif di antara mereka,” pungkasnya, Sabtu (15/10).


AZ

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Langkah GBM Wujudkan Pemerataan Pendidikan Banten
Langkah GBM Wujudkan Pemerataan Pendidikan Banten
https://1.bp.blogspot.com/-ngNjg9ucY1I/WATTH3xSJTI/AAAAAAAAIQI/RQA_JcfV_aci2V7PcCGl2TESXlDf4FUaACLcB/s400/TEMPLATE%2BFOTO%2BDI%2BWEB%2B00.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-ngNjg9ucY1I/WATTH3xSJTI/AAAAAAAAIQI/RQA_JcfV_aci2V7PcCGl2TESXlDf4FUaACLcB/s72-c/TEMPLATE%2BFOTO%2BDI%2BWEB%2B00.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2016/10/langkah-gbm-wujudkan-pemerataan.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2016/10/langkah-gbm-wujudkan-pemerataan.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago