Archive Pages Design$type=blogging

Topik Menarik Menentukan Kualitas Makalah





Menentukan topik yang menarik perlu penulis perhatikan sebelum menulis makalah. Lewat topik yang menarik, pembaca dapat antusias membaca makalah tersebut.

Ungkap Ahmad Bahtiar dalam seminar bertajuk “Pembuatan Makalah yang Baik dan Benar” di Aula Student Center, Rabu (14/9). Kegiatan tersebut diselenggarakan Jakampus Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif HidayatullahJakarta dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) UIN Jakarta.

Selain menentukan topik, penggunaan bahasa menjadi hal yang  harus diperhatikan. Makalah ditulis menggunakan bahasa baku dan sesuai dengan Ejaan yang Disempurnakan (EyD). “Pemakaian Bahasa yang baik dan benar juga akan menentukan bobot kualitas makalah yang ditulis,” jelas Bahtiar, Rabu (14/9).

Sumber rujukan atau refrensi tulisan juga menentukan kualitas dari isi makalah. Semakin banyak refrensi yang digunakan akan menambah keberagaman sudut pandang yang diambil untuk melihat permasalahan. Pengambilan referensi juga sebaiknya berasal dari buku cetakan tidak lebih dari 10 tahun yang lalu.

Kemudian, susunan kerangka tulisan harus sesuai dengan kaidah penulisan makalah yang berlaku. Kerangka tulisan dalam makalah harus berurutan dan sistematis. Mulai dari daftar isi, kata pengantar, pendahuluan, latar belakang, rumusan masalah, isi, kesimpulan, saran, penutup, dan daftar pustaka. “Agar pembaca tidak dibingungkan dengan makalah yang ditulis,” lanjutnya.

Ketua pelaksana Sholihin Firdaus menjelaskan, kegiatan tersebut diadakan lantaran seminar tentang pembuatan makalah di UIN Jakarta dirasa masih kurang. Padahal, makalah merupakan agenda rutin yang biasa mahasiswa lakukan setiap perkuliahan. “Terlebih, banyak mahasiswa baru yang masih bingung dengan cara pembuatan makalah yang baik dan benar,” tuturnya, Rabu (14/9).

Salah satu peserta seminar, mahasiswa Fakultas Ushulludin (FU) Fatimah Az-Zahra mengaku jika ia sangat beruntung dapat mengikuti kegiatan tersebut.  Ia dapat belajar bagaimana cara membuat makalah yang baik dan benar. “Alhamdulillah, setelah ikut seminar ini, rasanya membuat makalah begitu mudah,” tutupnya, Rabu (14/9).

AKK

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Topik Menarik Menentukan Kualitas Makalah
Topik Menarik Menentukan Kualitas Makalah
https://3.bp.blogspot.com/-TOpmkahJFjY/V93vNVE2pvI/AAAAAAAAH28/OfsVOrtEIIos6jvwC9VBFIkOVDE6zougQCLcB/s400/Untitled-2.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-TOpmkahJFjY/V93vNVE2pvI/AAAAAAAAH28/OfsVOrtEIIos6jvwC9VBFIkOVDE6zougQCLcB/s72-c/Untitled-2.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2016/09/topik-menarik-menentukan-kualitas.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2016/09/topik-menarik-menentukan-kualitas.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago