Archive Pages Design$type=blogging

Rahasia di Balik Intelijen



Judul      : Komunikasi dalam Kinerja Intelijen Keamanan
Penulis   : Dr. Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati, M.Si.
Penerbit  : PT Gramedia Pustaka Utama
Isi           : 220 halaman
Terbit      : April 2013
ISBN      : 978-979-22-8954-1

“Intelijen adalah informasi yang dikomunikasikan, dengan kata lain, informasi yang tidak lagi hanya terdapat di benak seseorang, tetapi telah disampaikan kepada orang lain. Di badan-badan yang mengkhususkan diri pada kegiatan ini, intelijen didefinisikan sebagai informasi yang telah dievaluasi, informasi yang kredibilitas, makna, dan derajat kepentingannya telah dinilai dan ditetapkan.” (Komunikasi dalam Kinerja Intelijen Keamanan hal. 25).

Paragraf di atas merupakan salah satu petikan dalam buku berjudul Komunikasi dalam Kinerja Intelijen Keamanan. Biasanya, Intelijen bergerak di bawah tanah dalam menyampaikan informasi. Sehingga, banyak konotasi negatif muncul dari masyarakat terhadap keberadaan intelijen.

Melalui buku ini, penulis menjabarkan seluk beluk intelijen untuk menghapus paradigma negatif masyarakat terhadap lembaga yang dianggap penuh rahasia. Buku dengan tebal 220 halaman ini mengungkap secara tuntas keberadaan intelijen, khususnya Intelijen Keamanan yang berada di lembaga Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Guna mencegah terjadinya ancaman secara mendadak, keberadaan intelijen begitu dibutuhkan. Intelijen mampu bertindak sebagai mata dan telinga bagi pembuat kebijakan. Maksudnya, intelijen menjadi sumber informasi bagi pembuat kebijakan dalam mengambil keputusan.

Terdapat beberapa sumber yang menjadi bahan rujukan intelijen dalam mengumpulkan informasi, yakni yang bersifat terbuka maupun tertutup. Terbuka di sini maksudnya intelijen bisa memperoleh informasi secara bebas melalui saluran komunikasi antar personal, kelompok, maupun media massa.

Sedangkan komunikasi secara tertutup, berarti intelijen menggunakan sistem komunikasi klandestin yaitu pola komunikasi yang menuntut kerahasiaan dalam proses pengiriman pesan antara intelijen. Akibatnya, informasi yang dikirimkan tidak jatuh ke tangan lawan.

Guna mendukung kelancaran komunikasi, intelijen membentuk sebuah jaringan. Pembentukan jaringan intelijen dilakukan secara bertahap mulai dari pencarian calon agen hingga pelaporan intelijen.

Pencarian agen intelijen dilakukan dengan melakukan penelitian terhadap keahlian dan kemampuan calon agen. Tak hanya itu, pekerjaan, hobi, hubungan dengan orang lain, kelemahan, pendapatan, dan kejahatan yang pernah dilakukan oleh calon agen juga diselidiki.

Dalam buku ini, Susaningtyas mengupas permasalahan mengenai dunia intelijen yang tidak diketahui oleh masyarakat pada umumnya. Kelihaian penulis mendapatkan sumber-sumber yang pernah terjun langsung dalam jaringan intelijen menambah keakuratan informasi yang disajikan. Sehingga buku ini sangat direkomendasikan bagi masyarakat luas untuk menambah kekayaan berpikir bahwa jaringan intelijen tidak selamanya negatif.

Rifka Indi*

*Penulis adalah mahasiswi Manajemen FEB UIN Jakarta
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Rahasia di Balik Intelijen
Rahasia di Balik Intelijen
https://3.bp.blogspot.com/-4teg7qJQMa4/V9NACClcVkI/AAAAAAAAH0k/i3mO9mMhXF4Cj8tqf9tiA2pJZqD5EwJ3ACLcB/s400/cover.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-4teg7qJQMa4/V9NACClcVkI/AAAAAAAAH0k/i3mO9mMhXF4Cj8tqf9tiA2pJZqD5EwJ3ACLcB/s72-c/cover.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2016/09/rahasia-di-balik-intelijen.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2016/09/rahasia-di-balik-intelijen.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago