Archive Pages Design$type=blogging

KKNK 2016 Kembangkan Ekowisata Bahari


Provinsi Kepulauan Riau merupakan provinsi yang kaya akan pulau-pulau, terdapat  sekitar 2408 pulau besar dan kecil. Pulau-pulau tersebut memiliki pasir putih dan air jernih. Sayang, masyarakat di pesisir Kepulauan Riau belum begitu sadar akan potensi yang dimiliki, sehingga mereka mayoritas memilih menjadi nelayan daripada mengelola pantai untuk dijadikan tempat wisata.

Selain itu, Kepulauan Riau juga berbatasan langsung dengan beberapa negara tetangga. Jadi, bukan tak mungkin terjadinya perselisihan tapal batas dan penyerobotan hak pulau terutama pulau-pulau tak berpenghuni yang berada di posisi terdepan Indonesia.

Oleh karena itu, pada tahun 2016 Kementerian Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) mengadakan Kuliah Kerja Nyata Kebangsaan (KKNK) 2016 dengan tema Pengembangan Ekowisata Bahari Pulau Terdepan, Tertinggal, dan Terisolir Provinsi Kepulauan Riau Berbasis Masyarakat Sebagai Strategi Menjaga Kedaulatan NKRI.

KKNK 2016 merupakan angkatan ke-4 yang diikuti oleh satu universitas dari Malaysia  dan 41 universitas dari berbagai provinsi di Indonesia, salah satunya Universitas Islam Negeri (UIN) syarif Hidayatullah Jakarta. Pada kesempatan ini, UIN Jakarta mengirim 20 mahasiswa dari 671 peserta KKNK 2016. Sebelum mulai KKN KKN di desa-desa yang ada di Kabupaten Bintan, Lingga, Batam, dan Karimun, peserta mendapat pembekalan selama empat hari di Sunrise City Hotel, Tanjungpinang pada 21-25 Juli.

Selaku tuan rumah KKNK 2016, Rektor UMRAH Syafsir Akhlus mengharapkan peserta KKNK mampu mengembangkan ekowisata bahari di desa yang telah ditentukan. “Semoga dapat membantu serta menyelesaikan permasalahan masyarakat yang ada,” katanya Jumat (22/7).

Salah satu Ketua Kelompok KKNK Desa Pengudang Kabupaten Bintan Abdullah Hamsa mengatakan, tujuan pertama dari KKNK 2016 meningkatkan pemahaman dan kepedulian mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dalam melakukan pengembangan ekowisata bahari di Kepulauan Riau. Kedua, memperkokoh rasa kebangasaan dan menjadi ajang pererat antara mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. “Ketiga, mengenalkan potensi ekowisata bahari di Provinsi Kepulauan Riau,” ujar Abdullah, Senin (1/8).


Kepala Desa Pengudang, Kamali La Bosa serta masyarakat menyambut baik datangnya peserta KKNK 2016 di Desa Pengudang dalam pemaparan program kerja KKNK 2016 Desa Pengudang. Ia pun mendukung sepenuhnya pengembangan ekowisata bahari di Pengudang Kabupaten Bintan. “Ini kali pertama peserta KKN berasal dari berbagai daerah yang ada di Indonesia, semoga tak sia-sia,” pungkasnya. 

Ika Puspitasari
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: KKNK 2016 Kembangkan Ekowisata Bahari
KKNK 2016 Kembangkan Ekowisata Bahari
https://2.bp.blogspot.com/-3F8xjKHz-eM/V6GZ0EVf64I/AAAAAAAAHtk/WlO3_wm8Omw0iK1rGGiqsl2ZB6HQOPuXACLcB/s400/TEMPLATE%2BFOTO%2BDI%2BWEB%2B00.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-3F8xjKHz-eM/V6GZ0EVf64I/AAAAAAAAHtk/WlO3_wm8Omw0iK1rGGiqsl2ZB6HQOPuXACLcB/s72-c/TEMPLATE%2BFOTO%2BDI%2BWEB%2B00.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2016/08/kkn-2016-kembangkan-ekowisata-bahari.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2016/08/kkn-2016-kembangkan-ekowisata-bahari.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago