Archive Pages Design$type=blogging

Surat Terbuka Penolakan DCDC Ngabuburit Goes To Campus (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)


Oleh : Kastrat DEMA FKIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Aliansi Mahasiswa Pro Tobacco Control



SELAMAT DATANG DI KAMPUS ASBAK, UIN JAKARTA!

Pasangan nomor urut satu, Ahmad Al-Darda dan Ova Siti Sofwatul Ummah, Mereka juga berjanji membuat kampus UIN Jakarta bebas dari rokok. Kami akan membuat tim investigasi untuk mencari pelanggar,” paparnya. Hal tersebut mereka lakukan demi mewujudkan kampus UIN Jakarta yang bersih. LPM Institut


Rokok adalah faktor resiko gejala permasalahan kesehatan masyarakat yang sangat merugikan baik untuk kesehatan, ekonomi, ataupun budaya. Sebuah racun yang dibungkus dengan embel-embel keuntungan yang tak terbatas karena Indonesia belum mengaksesi FCTC yang membuat banyak industri-industri tembakau yang menghasilkan rokok sebanyak mungkin dan mempromosikannya yang masih tergolong bebas, khususnya bagi generasi emas bangsa, pemuda-pemudi penerus kemajuan bangsa. Sayangnya, negeri ini masih buta terkait ancaman rokok untuk masa depan generasi bangsa.


DCDC Ngabuburit Goes to Campus adalah program ngabuburit yang diadakan oleh djarumcoklat.com yang bekerjsama dengan kampus-kampus yang ada di Indonesia, beberapa di antaranya adalah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Universitas Kuningan, Sabusa Jatinangor, LP3I Tasikmalaya. Sangat disayangkan sekali nama UIN Syarif Hidayatullah menjadi salah satu tempat pelaksanaan ini, tepatnya bekerja sama dengan Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang dipimpin oleh Saudara Dadra dan Ova pada 09 Juni 2016.


Jelas tujuan dibalik kegiatin sosial agama ini adalah untuk mempromosikan industri rokok, tepatnya Djarum, di kalangan mahasiswa dan masyarakat sekitar UIN Syarif Hidayatullah, tak terkecuali anak-anak remaja. Sangat disayangkan banyak pihak yang tidak sadar dengan hal ini termasuk pihak DEMA-U ataupun petinggi kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.


Sebuah janji busuk telah dilayangkan oleh jajaran DEMA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, janji politis untuk memberantas rokok dan membebaskan kampus dari keberadaan rokok telah dikhianati. Masuknya industri rokok di kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta merupakan bukti nyata bahwa DEMA U tidak konsisten, tidak komitmen, dan tidak layak keberadaanya karena mengkhianati janji politisnya sendiri ketika kampanya. Selain itu, mereka juga telah mengkhianati mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) yang selalu ikut berjuang menolak geriliyanya industri rokok di Indonesia, juga mengkhianati seluruh mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah yang kontra dengan keberadaan rokok.


Sangat disayangkan terlebih lagi dari para petinggi kampus, pihak Rektorat UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yang tidak ada respons penolakan terkait kegatan ini, tidak menolak industri rokok masuk dan mempromosikan investasinya di bidang musik yang berlebel rokok di lingkungan kampus UIN Jakarta. Padahal, dapat diketahui bahwa dalam Kode Etik Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah, yang tercantum pada SK Rektor Nomor: Un.01/R/HK.005/12/2012 pada BAB VI tentang Jenis Pelanggaran Pasal 10, tertulis pada poin 13 adalah merokok, yang artinya merokok bagi mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta adalah jenis pelanggaran baik di lingkungan maupun di luar lingkungan kampus.

Bagaimana bisa, ada SK yang melarang mahasiswa merokok, namun tidak melarang industri rokok masuk ke kampus? Dimana rasionalitasnya? Dengan tidak melarang industri rokok masuk ke dalam kampus, secara tidak langsung Rektorat melanggar janjinya terkait merokok adalah jenis pelanggaran di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.


Dan kami, atas nama mahasiswa FKIK dan Aliansi Mahasiswa Pro Tobacco Control, menolak terselenggaranya kegiatan DCDC Ngabuburit Goes to Campus di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Serta meminta DEMA U untuk membatalkan kegiatan tersebut juga meminta Rektor mencabut izin penyelenggaraan kegiatan tersebut sebagai bukti bahwa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bukan kampus asbak, bukan kampus agen promosi insudtri rokok, dan menyatakan bahwa FKIK dan mahasiswa kontra rokok mempunyai hak untuk membebaskan kampus dari rokok.



#KamiBukanAsbak

#SuarakanKebenaran

#UINBukanAsbak


#TolakDCDC
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Surat Terbuka Penolakan DCDC Ngabuburit Goes To Campus (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Surat Terbuka Penolakan DCDC Ngabuburit Goes To Campus (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
https://2.bp.blogspot.com/-nb3pjVTt9SE/WEe6sAZlBpI/AAAAAAAAI3U/K-f6BJ3lbpw1iYPIIJk2VQLisuenciH8wCLcB/s400/tengkorak.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-nb3pjVTt9SE/WEe6sAZlBpI/AAAAAAAAI3U/K-f6BJ3lbpw1iYPIIJk2VQLisuenciH8wCLcB/s72-c/tengkorak.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2016/06/surat-terbuka-penolakan-dcdc-ngabuburit.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2016/06/surat-terbuka-penolakan-dcdc-ngabuburit.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago