Archive Pages Design$type=blogging

Wahdi: Anggaran Riset untuk Mahasiswa Senilai 10-50 Juta


Bagian Kemahasiswaan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta mengadakan Pelatihan Riset Mahasiswa pada 29-30 April di Ruang Diorama. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah publikasi jurnal hasil penelitian dari mahasiswa. Wakil Rektor (Warek) III Bidang Kemahasiswaan Yusron Razak mengatakan, riset merupakan hal yang penting untuk mewujudkan cita-cita UIN Jakarta menjadi universitas riset.

Dalam pelatihan ini terdapat empat materi yang disamapaikan, seperti Teknik Penyusunan Proposal Riset, Metodologi Penelitian Kualitatif, Metodologi Penelitian Kuantitatif, dan  Pengenalan Jurnal. Kepala Penelitian dan Penerbitan (Puslitpen) Wahdi Sayuti mengatakan, Jurnal ilmiah merupakan majalah publikasi yang memuat Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang secara nyata mengandung data dan informasi yang mengajukan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) dengan ketentuan tertentu.

Wahdi menambahkan, ada lima ketentuan pokok dalam publikasi. Pertama, harus memiliki Internasional Standard Seerial Number (ISSN), memiliki mitra bestari paling sedikit empat orang, diterbitkan secara teratur paling sedikit dua kali dalam setahun, kecuali majalah ilmiah dengan cakupan keilmuan cukup satu kali dalam setahun.

Kemudian yang keempat, bertiras tiap kali penerbitan dengan jumlah minimal 300 eksemplar, kecuali majalah ilmiah yang menerbitkan sistem jurnal elektronik dengan menerapkan sistem online. Terakhir, memuat artikel utama setiap kali penerbitan minimal lima artikel.

Pada tahun ini, kata Wahdi, Puslitpen dan Lembaga Penelitan dan Pengadian Masyarakat (LP2M) memberikan anggaran tersendiri untuk penelitian mahasiswa. “Kami menganggarkan sekitar 10-50 juta untuk riset yang dilakukan mahasiswa,” tuturnya, Sabtu (30/4).


Pelatihan Riset Mahasiswa ini juga menyediakan pendampingan dalam rangka persiapan pembuatan jurnal ilmiah mahasiswa. Namun, hanya 15 dari jumlah mahasiswa yang mengikuti pelatihan tersebut. Mahasiswa yang mendapat pendampingan riset ini harus menyerahkan proposal penelitian kepada bagian kemahasiswaan.

Salah satu peserta pelatihan, Agidia Oktavia menyayangkan sistem seleksi pendampingan  riset mahasiswa yang dibatasi kuotanya. “Seleksi mahasiswa yang ingin mendapat pendampingan riset sifatnya tertutup sehingga menjadi berbahaya karena dapat menimbulkan banyak spekulasi,” pungkasnya.

Ika Puspitasari
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Wahdi: Anggaran Riset untuk Mahasiswa Senilai 10-50 Juta
Wahdi: Anggaran Riset untuk Mahasiswa Senilai 10-50 Juta
https://4.bp.blogspot.com/-n1SgzLvvk-s/VyToEHTshEI/AAAAAAAAGp8/dt6wl2NVswg_UhLwkBy6bX9UwbKhOfpTwCLcB/s400/hmmm.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-n1SgzLvvk-s/VyToEHTshEI/AAAAAAAAGp8/dt6wl2NVswg_UhLwkBy6bX9UwbKhOfpTwCLcB/s72-c/hmmm.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2016/05/wahdi-anggaran-riset-untuk-mahasiswa.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2016/05/wahdi-anggaran-riset-untuk-mahasiswa.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago