Archive Pages Design$type=blogging

Salah Jurusan Tak Halangi Kesuksesan


Tak jarang mahasiswa merasa salah jurusan saat pertama kali masuk perguruan tinggi. Belajar menerima sepenuh hati menjadi kunci kesuksesan Siddiq Permana.

Keseriusan dan tekad kuat menciptakan peluang usaha, membawa Siddiq Permana menjadi pengusaha di usianya yang masih muda. Pria yang dinobatkan sebagai mahasiswa berprestasi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta ini bercerita, salah jurusan merupakan titik awal karirnya di mulai.  

Sebelumnya, tidak ada niat di hati Siddiq untuk menjadi pengusaha di bidang sistem informasi. Saat tes masuk perguruan tinggi di tahun 2006, ia menginginkan Teknik Elektrokimia sebagai jurusannya, sedangkan Sistem Informasi (SI) hanya jurusan alternatif. Namun sayang, kenyataan Siddiq tak sesuai harapan. Ia justru terpilih di jurusan SI UIN Jakarta.

Meski merasa salah jurusan, tak sedikit pun terbesit di hati Siddiq untuk mengulang tes di tahun berikutnya. Saat itu, ia hanya bisa berusaha mencintai jurusan alternatif pilihannya. “Karena waktu adalah investasi yang sangat berharga,” ujarnya (11/4)

Pemahaman Siddiq tentang sistem informasi membuatnya kian tertarik untuk mendalami ilmu Teknik Informasi (TI).  Ia pun bertekad dapat menciptakan peluang usaha dari ilmu yang ia miliki. Walhasil Siddiq berhasil menciptakan aplikasi Nusantara Beta.

Aplikasi berbasis android ini memuat informasi terpadu mengenai pariwisata di Indonesia. Nusantara Beta membawa Siddiq memenangkan perlombaan tentang pengembangan android. Seperti, juara ketiga Sistem Desain Akradiva di Institut Teknologi Bandung (ITB) dan juara pertama kontes aplikasi Mobile Alvion di Universitas Bina Nusantara Jakarta 2011.

Dari situlah, Keinginan Siddiq menciptakan peluang usaha semakin terlihat. Terlebih ketika ia berhasil menjuarai beragam kontes di tahun-tahun berikutnya, seperti juara dua TSEL android, juara satu Bubu android, M2 android, Retas Bangsa Hackaton, serta Aceh eGuide Mobile. 

Setelah lulus kuliah, Siddiq tak lantas membangun perusahaan. Ia menganggap membangun perusahaan dengan mahasiswa yang baru lulus adalah suatu kebodohan. Ia bersama kedua sahabatnya yakni Taufan Arvianto dan Muhammad Imam Muzakkir, sepakat untuk bekerja mencari pengalaman di berbagai perusahaan sofware. “Hingga akhirnya kita sepakat untuk keluar kerja bareng buat bangun perusahaan,” ungkap pria kelahiran Jakarta ini.

Uang hasil kemenangan dari berbagai kontes, lanjut Siddiq, ia investasikan untuk membangun perusahaan bersama dua sahabatnya. Di tahun 2014,  mereka resmi mendirikan studio Nusantara Beta yang kini sudah memiliki 15 orang anggota. Bagi Siddiq, ia membutuhkan patner kerja berkomitmen tinggi untuk dapat mengembangkan perusahaan hingga mampu bertahan lama.

Selain sibuk di perusahan, Siddiq aktif dalam komunitas pengembangan android yang didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif (Berkaf). Tak hanya itu, ia pun turut andil pada program Developer Mengajar yang dicanangkan oleh Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah, Anis Baswedan.

Pada 2015, Siddiq terpilih menjadi Google Developer Expert Indonesia. Menurutnya hal tersebut sangat membanggakan, melihat penyeleksiannya yang selektif. “Tidak mudah, prosesnya sangat panjang,” ujar Siddiq yang juga sebagai Intel Android Innovator itu.

Pencapaian prestasi dan karir Siddiq di usia muda bukan tanpa kerja keras. Semua itu buah dari proses pengalaman. Bahkan untuk mendapatkan pengalaman, ia sempat menunda kelulusannya selama satu setengah tahun.

Siddiq menganggap kuliah tak sepenuhnya menjamin masa depan. Ia melihat lulusan yang memiliki banyak pengalaman sangat dibutuhkan dalam dunia industri.  Siddiq berharap UIN Jakarta tidak hanya melahirkan lulusan fresh graduate tapi juga yang experiance fresh graduate. “Bukan zamannya lagi jadi lulusan yang biasa-biasa ajah,” pungkasnya.  

Jannah Arijah
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Salah Jurusan Tak Halangi Kesuksesan
Salah Jurusan Tak Halangi Kesuksesan
https://1.bp.blogspot.com/-SrQcR1VvQZE/V0wgKZcV06I/AAAAAAAAHE0/edFFlkxqMOM7dceDb7CJk6g5vrF9WUlvwCLcB/s400/IMG-20160417-WA0011.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-SrQcR1VvQZE/V0wgKZcV06I/AAAAAAAAHE0/edFFlkxqMOM7dceDb7CJk6g5vrF9WUlvwCLcB/s72-c/IMG-20160417-WA0011.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2016/05/salah-jurusan-tak-menghalangi-kesuksesan.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2016/05/salah-jurusan-tak-menghalangi-kesuksesan.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago