Archive Pages Design$type=blogging

Perjuangan Suu Kyi Membela Demokrasi



Judul : The Lady
Tahun : 2011
Durasi : 132 menit
Sutradara : Luc Besson
Pemeran : Michelle Yeoh, David Thewlis
Genre : Drama, Biografi

Aung San Suu Kyi (Michelle Yeoh) duduk dalam dekapan ayahnya,  Aung San yang seorang pahlawan kemerdekaan Myanmar.  Aung San bercerita pada anaknya tentang  keindahan alam yang dimiliki Myanmar. Aung San Suu Kyi begitu nyaman mendengarkan cerita, sampai ia tertidur dalam dekapan ayahnya.

Aung San perlahan meletakkan Suu di sebuah kursi, sembari mencium kepala Suu sebagai tanda perpisahan. Setelahnya, Istri Aung San mendapat kabar bahwa Aung San telah tewas dibunuh oleh pemberontak dari golongan militer yang mengenakan syal merah. Aung San dibunuh ketika mengadakan pertemuan antara petinggi negara. Kabar duka itu disampaikan oleh bawahan Aung San dengan parau kepada istri Aung San.

Setelah kematian ayahnya, Suu tumbuh dan tinggal di Inggris. Suu dewasa bertemu dengan seorang profesor bernama Michael Aris (David Thewlis) berkebangsaan Inggris. Tak lama kemudian mereka menikah. Dari pernikahannya, lahirlah dua orang anak bernama Kim Aris dan Alexander Aris.

Satu siang, Michael Aris melihat berita di televisi yang menayangkan rakyat Myanmar tengah memperjuangkan demokrasi dan menyebabkan kerusuhan. Michael Aris meminta istrinya untuk melihat berita itu. Tak lama setelah pemberitaan kekacauan Myanmar, Suu mendapatkan kesempatan pulang ke kampung halaman untuk menjaga ibunya yang tengah sakit. Saat tengah bersama ibunya, Suu kembali melihat kerusuhan antara rakyat Myanmar dengan pemerintah yang semakin parah. Rasa nasionalisme Suu tumbuh, dan turun langsung ikut berjuang bersama para aktivis pergerakkan demokrasi tersebut.

Mengetahui kejadian ini, Michael Aris beserta kedua anaknya berniat menyusul Suu ke Myanmar. Namun gagal karena visa yang dicabut pemerintah tanpa alasan yang jelas. Tidak bisa berkumpul bersama suami dan kedua anaknya tak langsung mematahkan semangat Suu untuk tetap memperjuangkan demokrasi. Ia bersama para aktivis kampus di Myanmar mendirikan  National League of Democracy (NLD). Sebuah partai yang membela demokrasi. Hal ini langsung mendapatkan reaksi keras dari pemerintah.  

Michael Aris berusaha membantu istrinya dengan mengajukan Suu sebagai calon penerima Penghargaan Nobel Perdamaian. Berkat kegigihan suaminya, Suu mendapatkan Nobel Perdamaian  tahun 1991, karena telah menjadi pejuang penggerak demokrasi di Myanmar.

Walaupun telah mendapatkan Penghargaan Nobel Perdamaian, tidak langsung mengubah keadaan. Pemerintah Myanmar terus memberikan tekanan dan tidak mengubris tuntutan rakyat Myanmar. Banyak  demonstran yang ditangkap, diasingkan, dan disiksa, termasuk Suu yang akhirnya menjadi tahanan rumah. Sampai suaminya meinggal tahun 1998, Suu masih menjadi tahanan rumah, dan baru secara resmi bebas pada tahun 2010.


Film ini  mengambil setting dari sejarah 1980-an tentang pergolakan rakyat Myanmar yang ingin menggeser rezim diktator pemerintah. Film yang diperankan oleh  Michelle Yeoh dan David Thewlis. Film  The Lady mengajarkan kita untuk meniru sikap pantang menyerah dari  perjuangan Suu Kyi yang tetap gigih mengusung demokrasi di negara yang menerapkan sistem diktator. Meski mereka harus menghadapi banyak tekanan dan ancaman dari pemerintah.
Lihat review-nya disini:


MFSS
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Perjuangan Suu Kyi Membela Demokrasi
Perjuangan Suu Kyi Membela Demokrasi
https://4.bp.blogspot.com/-uhSS-sGjpqk/V0iDadZfA3I/AAAAAAAAHDQ/qG4Zm8Sb1UIIamF04CnLxuKRZyIl5Xq1ACLcB/s400/The-lady-2011-poster-french.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-uhSS-sGjpqk/V0iDadZfA3I/AAAAAAAAHDQ/qG4Zm8Sb1UIIamF04CnLxuKRZyIl5Xq1ACLcB/s72-c/The-lady-2011-poster-french.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2016/05/perjuangan-suu-kyi-membela-demokrasi.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2016/05/perjuangan-suu-kyi-membela-demokrasi.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago