Archive Pages Design$type=blogging

Wirausaha Berawal dari Kampus


Semangat wirausaha harus dimiliki setiap pemuda khususnya mahasiswa. Sebab, berwirausaha dapat membuka lapangan pekerjaan sekaligus mengurangi tingkat pengangguran. Bukan mustahil jika suatu saat akan menciptakan kemakmuran bagi bangsa. 

Semangat inilah yang coba ditularkan oleh para pendiri komunitas UINPreneurs. Satu-satunya komunitas yang didirikan oleh mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta yang memiliki passion dalam bidang enterpreneurship.

Terbentuknya komunitas ini, berawal dari diskusi ringan oleh beberapa mahasiswa UIN Jakarta yaitu Supriyadi, SE alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Iqbal Zaenal Muttaqin mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FIDIKOM), serta Edi Fajar Prasetyo dan Deny Kurnia dari Fakultas Sains dan Teknologi (FST). Mereka menilai, dari sekian banyak komunitas di UIN, belum ada yang mengarah pada komunitas kewirausahaan.

UINPreneurs rutin melakukan sharing bussiness setiap Rabu dua minggu sekali untuk para anggotanya. Diskusi diisi langsung oleh entrepreneur sukses sesuai bidangnya. Selain itu, anggota UINPreneurs juga rutin mengadakan kunjungan ke tempat yang dijadikan usaha oleh wirausahawan misalnya, kunjungan ke Nustra (Nusantara Sejahtera).

Komunitas yang didirikan pada 5 Juni 2015 memiliki target awal yaitu merekrut anggota sebanyak seratus orang. “Untuk tahap pertama Desember, alhamdulillah sudah terpenuhi,” ujar Sekretaris UINPreneurs, Delima Nabila Cahyani (19/3).

Delima menjelaskan, tahap pertama untuk menjadi anggota UINPreneurs adalah mengisi formulir pendaftaran melalui website UINPreneurs.com. Selanjutnya anggota akan dibebankan biaya Rp100 ribu tiap bulan untuk dana kolektivitas.

Dana yang terkumpul digunakan untuk membuka usaha-usaha baru berlabel UINPreneurs. Usaha tersebut menjadi ladang usaha sekaligus tempat belajar anggota UINPreneurs secara langsung.

Untuk menjadi anggota UINPreneurs, lanjut Delima, tidak harus orang yang telah memiliki usaha. Justru, orang yang belum memiliki usaha tapi sangat memiliki antusias yang tinggi dalam bidang kewirausahaan sangat dianjurkan untuk bergabung.

Anggota UINPreneurs notabenenya adalah mahasiswa UIN dan alumni UIN. Kedepannya, salah satu pendiri UINPreneurs, Edi berharap komunitas ini bukan saja beranggotakan mahasiswa UIN Jakarta tetapi juga untuk mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) seluruh Indonesia, (19/3).

UINPreneurs mengajak para anggotanya untuk selalu menciptakan kreativitas dalam bidang apapun. Hal terpenting dalam usaha adalah mengaitkannya dengan hobi. Dengan begitu, tidak hanya kesenangan, tapi juga berbagai keuntungan akan didapat. Melalui komunitas ini, diharapkan akan lahir pengusaha-pengusaha muda dan membuka banyak lapangan pekerjaan untuk masyarakat yang dapat bermanfaat di lingkungan sekitar.

Eli Murtiana 
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Wirausaha Berawal dari Kampus
Wirausaha Berawal dari Kampus
https://3.bp.blogspot.com/-DpXSKONqLRo/Vwm3XROKhHI/AAAAAAAAGlY/52so_A-EHXwQbEceiZNCTaeup6kUvrv9A/s400/Foto.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-DpXSKONqLRo/Vwm3XROKhHI/AAAAAAAAGlY/52so_A-EHXwQbEceiZNCTaeup6kUvrv9A/s72-c/Foto.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2016/04/wirausaha-berawal-dari-kampus_10.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2016/04/wirausaha-berawal-dari-kampus_10.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago