Archive Pages Design$type=blogging

Jalani Hobi Sambil Berdakwah


Ciptakan karya kreatif dengan seni visual. Desain grafis pun jadi kunci dalam berdakwah.

Kecintaan dalam bidang desain grafis dan ajaran agama Islam mampu menggugah Vanny Rosa menjadi seorang visualis dakwah. Bagi mahasiswi Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi  (Fidikom), Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta ini, sangatlah menyenangkan bila desain grafis karyanya dapat menginspirasi banyak orang.

Sebelumnya, desain grafis yang Vanny buat hanyalah desain grafis biasa yang tidak mengandung nilai Islami. Kemudian saat kuliah ia terinspirasi oleh seorang visualis dakwah yang berprofesi sebagai ilustrator buku Islami. Sejak saat itu, ia pun mulai memasukkan unsur Islami dalam setiap desainnya.

Perempuan kelahiran Surabaya 13 Agustus 1995 ini  bercerita, ia belajar desain grafis secara otodidak menggunakan salah satu software desain. Bermula, ketika Vanny duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan berlanjut sampai sekarang. “Awalnya nyoba-nyoba edit foto pakai Adobe Photoshop, terus asyik akhirnya di rumah suka eksplor sendiri deh,” katanya, Jumat(4/3).

Dulu, Vanny banyak mempelajari desain grafis lewat buku-buku tutorial yang ia beli. Namun sekarang ia cukup melihat video desain di Youtube, Setelah itu ia pun langsung mempraktikkan desain grafis tersebut di rumah, jika masih bingung, Vanny tak malu bertanya dengan siapapun mengenai desain grafis yang hendak dibuatnya. Lebih lagi, dari hobi desain grafis tersebut, Vanny dapat menghasilkan uang dan mampu membiayai sendiri kuliahnya selama di UIN Jakarta.

“Aku berusaha untuk hidup mandiri. Makanya aku sering ikut lomba, lumayan bukan cuma dapat pengalaman dan prestasi, tapi juga uang,” cetus perempuan asli Surabaya ini.

Berkat keahliannya dalam desain grafis, pada 2011 Vanny menjadi juara 1 lomba desain Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBPI). Tak hanya itu, beragam perlombaan pernah ia juarai, seperti juara 1 Artwork kategori Tipografi, Gemar Project, Hijabographic, dan Syarekat Kreatifiyah, serta juara 1 desain poster, Islamic Festival Competition, FSI, FISIP Universitas Indonesia (UI).

Lantaran banyaknya prestasi desain grafis yang ia raih, kini Vanny sering kali menjadi narasumber dalam beberapa acara di kampus dan sekolah-sekolah. Dalam acara tersebut Vanny memberikan pelatihan desain grafis langsung kepada para peserta. Di sisi lain, menurunnya minat masyarakat dalam mempelajari pengetahuan agama membuat Vanny kian serius berdakwah dengan cara yang lebih kreatif melalui desain grafis.

Oleh karena itu, sebagai visualis dakwah, Vanny dituntut untuk selalu memberikan sentuhan Islami dalam setiap karya desain grafisnya. Dengan karya desainnya tersebut, ia menginginkan masyarakat khususnya mahasiswa akan tertarik untuk membaca dan menerapkannya dalam keseharian. “Harus pakai cara yang fresh supaya pesan-pesan Islam bisa dimengerti semua orang,” ungkapnya.

Sudah menjadi kewajiban bagi tiap orang, tambah Vanny, untuk berbagi wawasan dan pengetahuan yang tentu saja sesuai dengan kemampuan yang ia miliki. Caranya pun pasti berbeda-beda. “Misal suka menulis ya sampaikan ilmu lewat tulisan. Atau suka desain grafis ya lewat desain. Kalau bisa nyampeinnya juga dengan kreatif,” jelas perempuan yang juga guru desain grafis ini.

Satu hal yang selalu memicu semangat Vanny, yakni dirinya ingin orang-orang muslim itu kreatif dan melek teknologi. Ia pun berharap agar semakin banyak desainer yang menguasai ajaran-ajaran Islam. Sehingga nantinya desainer tak hanya bisa desain tapi juga dapat berdakwah dan menyampaikan nilai-nilai Islam dengan desainnya. “Orang Islam harus bangkit. Jangan sampai terbelakang. Jadi yang pintar dan canggih enggak hanya non-muslim aja,” pungkasnya.

Jeanita Kirana
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Jalani Hobi Sambil Berdakwah
Jalani Hobi Sambil Berdakwah
https://2.bp.blogspot.com/-4y6ue8RVBXQ/VvjkW90Nh1I/AAAAAAAAGeo/ohWyOSAdxUkME6WRdaldroneB7zIt-rGg/s400/vanny-1.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-4y6ue8RVBXQ/VvjkW90Nh1I/AAAAAAAAGeo/ohWyOSAdxUkME6WRdaldroneB7zIt-rGg/s72-c/vanny-1.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2016/03/jalani-hobi-sambil-berdakwah.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2016/03/jalani-hobi-sambil-berdakwah.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago