Archive Pages Design$type=blogging

Teroris Sungguhan

 
Oleh : Romy*

Mau tau siapa dan seperti apa teroris yang sesungguhnya?

Sebelum ke inti permasalahan, alangkah lebih baik jika kita membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) terlebih dahulu. Terorisme menurut KBBI diartikan sebagai penggunaan kekerasan untuk menimbulkan ketakutan dalam usaha mencapai tujuan (terutama tujuan politik); praktik tindakan teror. Tak hanya itu, terorisme juga dapat dilakukan secara pribadi maupun secara terorganisir.

Hingga saat ini, nyaris tak ada teroris—panggilan untuk seseorang yang telah melakukan teror—murni lahir atas dasar idealisme, fundamentalisme, atau apalagi yang ideologis. Semua aksi teror yg dilakukan secara teroganisir baik kecil dan besar baik amatir maupun profesional baik dengan korban kecil atau banyak semuanya bertujuan untuk mendapatkan uang, uang dan uang.

Para teroris yang telah tertangkap pun tak mempunyai keinginan atas segala hal yang telah ia lakukan. Tampaknya ada seseorang yang dengan gamblangnya menyuruh dan membayar (terlepas dari apapun bayarannya) si teroris tersebut. Pasti ada sosok yang menjadi dalang atas segala kerusuhan tersebut.

Melihat sekilas kejadian Sarinah, jangan lihat senjata yang digunakan teroris tergolong sederhana. Jangan pula menilai cara kerja teroris yang nampak tak professional. Lihatlah, lokasi kejadian yang kurang lebih berjarak radius dua kilometer dari Istana Negara dan sangat berdekatan dengan beberapa kedutaan besar.

Sarinah merupakan pusat perbelanjaan lawas dengan pangsa pasar expatriate. Bahkan, pusat hilir mudik para back packers pun tak jauh dari lokasi pemboman tersebut. Lokasi ini sudah terkenal dan sangat strategis untuk memberi peringatan ke seluruh dunia.

Jangan lupa pula, hingga saat ini, masih banyak teror masa lalu yang belum dapat terpecahkan hingga saat ini. salah satunya adalah peristiwa pembantaian jutaan manusia tahun 65 di negeri ini yang berujung dengan berdirinya tambang emas Freeport dan tambang-tambang Sumber Daya Alam (SDA) lainnya. Lantas siapa dalangnya?

Mereka asyik makan lobster ternikmat yang dimasak oleh chef terbaik di atas kapal pesiar termegah di dunia. Mereka tengah minum wine tertua dan termahal di muka bumi. Sembari menghisap cerutu dari Havana, mereka sedang menonton streaptise gadis-gadis dari berbagai ras dunia.

Mereka adalah sekelompok 'gangster' mafia uang yang berdomisili atau mungkin numpang tinggal di sebuah negara nyaman untuk bermain dengan kapital. Uang yang menciptakan perang. Perang diciptakan untuk mencari uang. Setiap invasi untuk mengekplorasi Sumber Daya Alam harus memakan korban bahkan nyawa. Dan teroris adalah alatnya.


Penulis adalah mahasiswa Study Sejarah Peradaban (STUPA)
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Teroris Sungguhan
Teroris Sungguhan
https://3.bp.blogspot.com/-bB1aQXCEy3s/WEsVhGVpnEI/AAAAAAAAI5A/jRY22URdaBYNIhoava7eS8bCo08Y90wvwCLcB/s400/teroris.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-bB1aQXCEy3s/WEsVhGVpnEI/AAAAAAAAI5A/jRY22URdaBYNIhoava7eS8bCo08Y90wvwCLcB/s72-c/teroris.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2016/02/teroris-sungguhan.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2016/02/teroris-sungguhan.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago