Archive Pages Design$type=blogging

Hatta Sang Pejuang Kemerdekaan


Siapa tak kenal Mohammad Hatta, atau yang akrab disapa Bung Hatta. Ia merupakan salah satu pahlawan bangsa yang berhasil membantu Indonesia merebut kemerdekaan dari tangan Belanda. Pria kelahiran Bukittinggi, Sumatera Barat, 12 Agustus 1902 ini, sejak kecil sudah lekat dengan pendidikan agama. Bersama kawan sejawatnya Hatta rutin mengaji di surau dekat tempat tinggalnya.

Selepas itu, Hatta menempuh pendidikan di sekolah Belanda Bukit Tinggi hingga selesai. Setelah menyelesaikan pendidikan di Sumatra Barat, Hatta pun merantau ke ibu kota dan melanjutkan sekolah di Jakarta. Dari sanalah mantan wakil presiden Indonesia pertama ini memperlihatkan jiwa kepemimpinannya. Kiprahnya dimulai dengan memimpin sebuah penerbitan majalah untuk pelajar. Majalah tersebut banyak berisi seruan-seruan melawan kolonialisme negara penjajah kala itu.

Hatta gemar mempelajari ilmu ekonomi dan politik. Bak gayung bersambut, ia akhirnya mendapatkan beasiswa pendidikan di Rotterdam, Belanda. Setibanya di Belanda, Hatta tidak serta merta hanya belajar saja  dan memikirkan nasibnya sendiri. Sembari belajar ia pun rutin mengikuti perkembangan pergerakan bangsa Indonesia. Terbukti Hatta begitu aktif menulis untuk majalah mengenai pergerakan di Hindia Belanda.

Disaat bersamaan Hatta juga sering melakukan korespondensi dengan orang-orang pergerakan di Indonesia. Seluruh buah pikirnya ia keluarkan agar rakyat Indonesia pantang menyerah menghadapi para penjajah. Selama berkuliah di Belanda selain aktif dalam mengurus terbitan sebuah majalah. Ia juga pernah menjabat sebagai pengurus Indische Vereeningging.

Di sisi lain, banyaknya kegiatan di luar perkuliahan yang digeluti Hatta, membuat perjalanan perkuliahannya tidak berjalan mulus. Mantan ketua Perhimpunan Indonesia juga sempat pindah jurusan pada tahun September 1925. Buku dengan tebal 324 halaman ini disajikan dengan bahasa ringan dan mudah dipahami oleh pembaca.

Buku Bukit Tinggi – Rotterdam lewat Betawi merupakan buku non fiksi yang langsung ditulis Muhammad Hatta. Kisah yang disajikan secara deskritif menjadikan buku ini terasa lebih detail. Ia merangkai sedemikian rupa hingga para pembaca bisa menikmati kisah hidupnya yang dituangkan ke dalam buku ini, yang juga dilengkapi dengan beberapa foto. Namun, pada buku ini  ada beberapa bahasa asing yang artinya tidak diketahui. Hal ini juga menjadi kekurangan dalam buku ini. 

LSA
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Hatta Sang Pejuang Kemerdekaan
Hatta Sang Pejuang Kemerdekaan
https://3.bp.blogspot.com/-omOX9n675io/VtNsBoy7k3I/AAAAAAAAGOg/koQ0HLAdBgg/s400/foto%2Bbuku.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-omOX9n675io/VtNsBoy7k3I/AAAAAAAAGOg/koQ0HLAdBgg/s72-c/foto%2Bbuku.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2016/02/hatta-sang-pejuang-kemerdekaan.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2016/02/hatta-sang-pejuang-kemerdekaan.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago