Archive Pages Design$type=blogging

Strategi UIN Jakarta Jaring Calon Mahasiswa


Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah tengah  menerapkan integrasi keilmuan antar mata kuliah umum dan mata kuliah agama. Dengan menerapkan kurikulum yang terintegrasi, UIN Jakarta semakin siap bersaing dengan universitas negeri dalam hal menjaring calon mahasiswa. Berikut adalah hasil wawancara reporter Institut dengan Wakil Rektor Bidang Akademik Fadilah Suralaga, Rabu (21/10).

Apa yang menjadi daya tarik UIN Jakarta?

Perkembangan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) menjadi UIN memberikan kesempatan bagi fakultas agama untuk mengembangkan diri. Tak hanya fakultas agama saja, fakultas umum juga sedang mengembangkan diri. Terlebih, kurikulum di UIN Jakarta juga bertujuan mencetak para cendekiawan yang juga mengerti ilmu agama.

Apa penyebab peminat calon mahasiswa lebih banyak memilih prodi umum dibandingkan prodi agama?

Dahulu semenjak UIN Jakarta masih bernama IAIN, beberapa mahasiswa yang berkeinginan masuk universitas negeri seringkali menjadikan UIN Jakarta sebagai alternatif—pilihan kedua seandainya calon mahasiswa gagal pada universitas yang dituju. Semenjak UIN Jakarta membuka beberapa program studi (prodi) umum, minat mahasiswa untuk bergabung semakin meningkat. Terbukti dengan adanya persaingan ketat yang dilakukan oleh calon mahasiswa.

Adanya prodi umum membuat minat calon mahasiswa untuk bergabung dengan UIN Jakarta semakin meningkat. Namun, hal tersebut tak lantas membuat fakultas agama sepi peminat. Terpenuhinya kouta di fakultas agama membuktikan masih banyaknya antusiasme dari mahasiswa untuk bergabung di fakultas tersebut.

Benarkah beasiswa-beasiswa yang terdapat pada fakultas  agama adalah upaya UIN Jakarta untuk menarik minat calon mahasiswa?

Jalur beasiswa tak hanya disediakan di fakultas agama saja, akan tetapi juga terdapat di beberapa fakultas umum. Salah satunya adalah Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Hanya saja, terdapat beberapa beasiswa yang memberikan kriteria khusus untuk mahasiswa dari fakultas agama saja, seperti beasiswa yang terdapat pada Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI).

Tujuan diadakannya beasiswa itu pun beragam, seperti, menarik calon mahasiswa untuk bergabung dengan UIN Jakarta dan membantu mahasiswa berprestasi dan kurang mampu.

Lalu apa rencana Anda dalam 4 tahun kedepan  untuk menigkatkan mutu kurikulum di UIN Jakarta?

Hingga saat ini kami terus berupaya mengembangkan kurikulum lantaran sifatnya yang dinamis pada tiap tahunnya. Tak hanya itu, kami juga fokus mengintegrasikan mata kuliah umum dan mata kuliah agama. Apapun prodi yang diemban mahasiswa, mereka tetap mendapat mata kuliah agama.

LSA
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Strategi UIN Jakarta Jaring Calon Mahasiswa
Strategi UIN Jakarta Jaring Calon Mahasiswa
https://2.bp.blogspot.com/-Gq7Kiv95PVQ/WDz--Dp0k3I/AAAAAAAAIwY/bAXSugAG7-IhVU8X3Y6nkOjm2PnaqGjFQCLcB/s400/bu%2Bfadhillah.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-Gq7Kiv95PVQ/WDz--Dp0k3I/AAAAAAAAIwY/bAXSugAG7-IhVU8X3Y6nkOjm2PnaqGjFQCLcB/s72-c/bu%2Bfadhillah.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2016/01/strategi-uin-jakarta-jaring-calon_16.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2016/01/strategi-uin-jakarta-jaring-calon_16.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago