Archive Pages Design$type=blogging

Mengabdi untuk Negeri


Beragam bentuk dan cara untuk dapat mengabdikan diri ke masyarakat. Salah satunya dengan mengadakan pengajaran dan penyuluhan di pedesaan. Seperti yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Fakultas Kedokteran dan Ilmu kesehatan (FKIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif  Hidayatullah Jakarta.

Acara yang di adakan di Desa Sukamana, Kelurahan Nameng, Lebak, Banten ini,  merupakan upaya HMPS Kesmas UIN Jakarta untuk menjaga kesehatan masyarakat, khususnya masyarakat pedesaan.Karena, perlu adanya penyuluhan kepada msayarakat, agar mereka dapat mengenal ilmu kesehatan. 

Selain itu, acara Kesmas untuk Negeri inisebagai wadah bagi mahasiswa Kesmas untuk mengaplikasikan teori kesehatan masyarakat, yaitu preventif, promotif dan protektif. Rangkaian acara yang dilakukan seperti pengajaran, penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan. Sasaran acara inimelibatkan hampir semua kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang tua.

Kegiatan pengajaran dilakukan kepada anak- anak sekolah dasar (SD) di desa tersebut dengan mengajarkan Perilaku Hidup Besih dan Sehat (PHBS) Seperti, mencuci tangan sebelum makan, pentingnya menggosok  gigi dan lain sebagainya.

Sedangkan, untuk remaja dilakukanpenyuluhan dengan membuka forum diskusi tentang kesehatan reproduksi, bahaya seks bebas dan pergaulan bebas. Lain halnya dengan orang tua, HMPS Kesmas membuka pemeriksaan gratis seperti memeriksa tensi darah dan gula.

Meskipun acara ini merupakan acara pertama HMPS Kesmas UIN Jakarta, kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat sekitar. Terlihat dari sikap ramah kepala desa dan masyarakat dalam ketersediaan membantu terselenggaranya kegiatan tersebut.

Selain itu, warga pun sangat antusias dalam mengikuti rangkaian acara. Terbukti, peserta acara mencapai lebih dari 250 orang. Dengan jumlah anak-anak 102 orang, remaja 50 orang dan orang tua lebih dari 100 orang.

Sebagai ketua acara, Riska Ayu Handayani berharap, acara inidapat menjadi acara tahunan Kesmas. “Semoga bisa dilanjutkan oleh kepengurusan HMPS selanjutnya”, ujar mahasiswa semester 5 ini, Rabu (2/11).

JA
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Mengabdi untuk Negeri
Mengabdi untuk Negeri
https://2.bp.blogspot.com/-1EciYUivMUI/VzNOQmuT7BI/AAAAAAAAGxg/kO1567sEbHM2PxnjyEbmdkYbzcdNowxJACLcB/s400/TEMPLATE%2BFOTO%2Bmantaps.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-1EciYUivMUI/VzNOQmuT7BI/AAAAAAAAGxg/kO1567sEbHM2PxnjyEbmdkYbzcdNowxJACLcB/s72-c/TEMPLATE%2BFOTO%2Bmantaps.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2015/12/mengabdi-untuk-negeri.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2015/12/mengabdi-untuk-negeri.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago