Archive Pages Design$type=blogging

Sesi Tanya Jawab Tak Ada, Mahasiswa Kecewa


Tak ada sesi tanya jawab dari peserta kepada calon presiden dan wakil presiden dalam debat kandidat Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ)/ Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Fakultas Ushuluddin (FU) 2015 Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Membuat beberapa mahasiswa walk out dari ruang debat di Aula Serbaguna lantai 4 FU. Mereka menilai debat tahun ini tidak mementingkan aspirasi calon pemilih.

Menurut salah satu peserta,  Sureza Sulaiman, walk out yang ia dan mahasiswa lainnya lakukan karena menilai mekanisme debat tak sesuai dengan harapan mahasiswa. Ia pun menyesalkan tindakan dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) FU dan moderator yang tidak menyediakan sesi tanya jawab bagi peserta.

Lebih lanjut, Sureza merasa waktu yang diberikan KPPS FU kepada kandidat untuk menyampaian visi dan misi sangat minim. Hal tersebut berimbas pada kurang maksimalnya pemaparan dari kandidat agar dapat dimengerti mahasiswa. “Ini bukan debat, debat sekarang cemen. Padahal calon pemilih ingin bertanya banyak hal terkait visi dan misi calon,” ujarnya, Rabu (16/12).

Menanggapi demikian, Ketua Koordinator KPPS FU Anggi Yustravika Fikri. Ia menjelaskan telah terjadi kesalahan komunikasi antara KPPS FU selaku operator pelaksana dengan mederator. Musabab utamanya ialah moderator memakai Term of Reference (TOR) dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat UIN Jakarta, bukan mengacu pada susunan acara yang dibuat KPPS FU. Sedangkan dalam susunan acara yang dibuat KPPS FU jelas tertulis adanya sesi tanya jawab untuk peserta.

Ia menambahkan, meski KPU pusat sudah membuat TOR untuk debat kandidat. Sebenarnya, lanjut Anggi, KPPS Fakultas juga memiliki kewenangan mengubah mekanisme dalam debat HMJ/HMPS. ”Nyatanya moderatorkan pakai TOR KPU pusat yang jelas enggak ada sesi pertanyaan peserta,” jelasnya, Rabu (16/12).

Selaku mederator debat, Tien Rahmatin menyadari terjadi perbedaan antara TOR KPU dengan susunan acara KPPS FU. Mulanya Tien ingin mengacu pada susunan acara. Namun ketika debat akan dimulai panitia justru memberikan TOR dari KPU pusat kepada Tien. Saya menyayangkan panitia tidak mampu memadukan TOR KPU dengan susunan acara,ucapnya, Rabu (16/12).

Terlebih, ia pun hanya mengetahui terdapat empat sesi acara dalam TOR KPU. Antara lain pembacaan visi dan misi, tanggapan dari panelis, debat antar kandidat, dan losing stetment. Sementara itu, dalam susunan acara dari KPPS hanya tiga sesi, yaitu pertama pertanyaan dari panelis, kedua, pertanyaan dari peserta, ketiga, debat antar kandidat.

Z
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Sesi Tanya Jawab Tak Ada, Mahasiswa Kecewa
Sesi Tanya Jawab Tak Ada, Mahasiswa Kecewa
https://3.bp.blogspot.com/-C9qtTfbFWU8/VzNJEEhzh9I/AAAAAAAAGww/MmvfoIAQdbQTIWrxudpp_yE0zlPLjhAYACLcB/s400/TEMPLATE%2BFOTO%2Bmantaps.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-C9qtTfbFWU8/VzNJEEhzh9I/AAAAAAAAGww/MmvfoIAQdbQTIWrxudpp_yE0zlPLjhAYACLcB/s72-c/TEMPLATE%2BFOTO%2Bmantaps.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2015/12/mekanisme-debat-tak-jelas-mahasiswa.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2015/12/mekanisme-debat-tak-jelas-mahasiswa.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago