Archive Pages Design$type=blogging

Sadarkan Pemuda, Kenalkan Media




kiri ke kanan: Peter Kasensa (Historian), Yuda (Youth Proactive), dan Renaldy Akbar (Indonesia Youth) dalam diskusi Peran Pemuda dalam Perkembangan Sosial Politik di Indonesia. Acara ini tergabung dalam ASP Festival 2015 sekaligus perayaan dies natalis LPM Aspirasi ke-32, Jumat (6/11).


Dalam rangka merayakan ulang tahun yang ke-32, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Aspirasi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) mengadakan ASP Festival 2015. 

Bertempat di Lapangan Basket dan Lobi Gedung Soetomo UPNVJ, Jumat-Sabtu (6-7/11), ASP Festival 2015 bertujuan menumbuhkan semangat menulis bagi masyarakat umum, khususnya mahasiswa. “Tujuan acara ini, kami ingin mengedukasi mahasiswa tentang media saat ini, serta menjelaskan peran pemuda Indonesia” ujar ketua pelaksana ASP Festival 2015, Mevi Renanda, Senin (9/11).

Dalam acaranya, LPM Aspirasi mengusung tema Living Young Write and Free. Menurut Mevi, biasa ia disapa, latar belakang tema tersebut ingin pemuda bebas bersuara dan tergugah untuk menulis. Mulai dari penulisan ilmiah, esai, opini, sastra, hingga berita.

Acara yang berlangsung selama dua hari ini terbagi menjadi beberapa sesi. Pertama, diskusi publik dan talkshow yang mengulas tentang Peran Pemuda dalam Perkembangan Sosial Politik di Indonesia. Pada diskusi pertama ini, dihadiri Renaldy Akbar (Indonesia Youth) dan Peter Kasenda (Historian) sebagai narasumber.

Lalu, diskusi dan talkshow bertemakan  Panggung Jurnalistik Indonesia Masa Kini berlangsung pada hari kedua, Sabtu (7/11). Narasumber yang mengisi diskusi ini yaitu Anastasya Andriani (Dosen FISIP UPNVJ), Pebriansyah Arifana (AJI Jakarta), dan Daniel Fajar (LPM Didaktika UNJ).

Selain diskusi dan talkshow, dalam ASP Festival 2015, LPM Aspirasi juga menggelar Exhibition Art. Acara ini merupakan pameran seni dan sastra yang menampilkan karya-karya ketua pelaksana, Mevi Renanda. Karya seni dan sastra itu tertuang dalam ilustrasi yang bertema perempuan. “Kebetulan itu karya pribadi,” kata dara kelahiran Jawa ini. 

Menariknya, pameran karya seni dan sastra pun diikuti pameran produk cetak jurnalistik dari berbagai pers mahasiswa (persma) se-JABODETABEK. Beberapa persma yang ikut memamerkan produknya di antaranya LPM Institut, Diamma, Ultimagz, Industria, Suara Mahasiswa, dan beberapa persma lainnya.

Tak hanya merayakan dies natalis yang ke-32, ASP Festival 2015 juga menjadi tempat perkumpulan persma dari UPN Veteran Jakarta, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Pun, diramaikan oleh kehadiran Forum Pers Mahasiswa Jakarta (FPMJ).

Di akhir acara, ASP festival 2015 turut dimeriahkan oleh penampilan band independen label dan band audisi seperti Wishper of Trees, Elegi, Slash, Aldy ‘n’ Frends.

Sebagai ketua pelaksana, Mevi Renanda berharap adanya acara ini dapat membentuk pola pikir pemuda terhadap kondisi media dan perkembangan sosial politik di Indonesia saat ini. “Semoga dapat menggugah para pemuda Indonesia untuk mengetahui perannya serta dapat mengekspresikan haknya sebagai pemuda.” Tutupnya

Triana Sugesti
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Sadarkan Pemuda, Kenalkan Media
Sadarkan Pemuda, Kenalkan Media
http://3.bp.blogspot.com/-IJPAIv5ByzA/VkDDRSU1w-I/AAAAAAAAF2U/iGcL2KdwfvI/s400/IMG-20151109-WA0011.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-IJPAIv5ByzA/VkDDRSU1w-I/AAAAAAAAF2U/iGcL2KdwfvI/s72-c/IMG-20151109-WA0011.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2015/11/sadarkan-pemuda-kenalkan-media.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2015/11/sadarkan-pemuda-kenalkan-media.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago