Archive Pages Design$type=blogging

Peringati Hari Diabetes Dunia, CIMSA Gelar Penyuluhan


Dalam rangka memperingati hari diabetes dunia 14 November, Center for Indonesian Medical Student (CIMSA) divisi Standing Committee on Public Health (SCOPH) lokal Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta mengadakan pemeriksaan diabetes secara gratis.

Bertempat di Balai Warga, Kelurahan Cipayung, Ciputat, Tangerang Selatan, acara tersebut dilenggarakan. Ketua CIMSA UIN Jakarta, Faraz Raihan mengatakan, acara tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi kepada warga terkait bahaya diabetes. “Diabetes ini sangat berbahaya,” tegas Faraz, Sabtu (14/11). Karena itu, CIMSA ingin memberikan edukasi dan pemeriksaan kepada warga Cipayung.

Tak hanya pemeriksaan gratis, CIMSA juga mengadakan penyuluhan untuk warga. Mochammad Taufik Hidayat menerangkan, faktor keturunan dan pola hidup yang tidak sehat adalah penyebab utama diabetes. “Sering lapar, haus, dan buang air adalah beberapa gejala yang dialami oleh penderita diabetes,” tambah dokter yang berasal dari Kota Tangerang, Sabtu (14/11).

Taufik mengucapkan, meskipun gejala yang dialami penderita diabetes sering dialami manusia namun penyakit tersebut bisa menyebabkan kematian. “Maka dari itu, masyarakat perlu tahu tentang gejala-gejala dari penyakit gula tersebut,” sarannya.

Taufik juga menyarankan pada warga untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat dan karbohidrat. “Olahraga yang cukup juga sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan,” ungkapnya.

Kegiatan berkelanjutan ini diharapkan dapat menyadarkan masyarakat tentang hidup sehat. CIMSA berharap agar gejalan diabetes di masyarakat dapat turun. “Target kami yaitu masyarakat dapat mengetahui tentang hidup sehat dan dapat mencegah gejala diabetes,” ungkap Faraz, Sabtu (14/11).

Kehadiran CIMSA di desa Cipayung bukan yang pertama kali. Sebelumnya, mereka memberikan edukasi tentang demam berdarah yang saat itu sedang melanda pemukiman tersebut. “Desa ini adalah binaan kami” jelas Faraz.

Salah satu warga yang antusias terhadap acara tersebut, Saidah mengatakan, kegiatan ini memberikannya banyak pengetahuan. “Saya bisa tahu tentang gejala diabetes dan cara mencegahnya,” Ungkapnya, Sabtu (14/11).

ER
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Peringati Hari Diabetes Dunia, CIMSA Gelar Penyuluhan
Peringati Hari Diabetes Dunia, CIMSA Gelar Penyuluhan
https://1.bp.blogspot.com/-fd_96XVxwJo/VzOh50Vl-rI/AAAAAAAAG0U/cMtKXLhehfsdLc81U44nPFSiJoWY2fMlgCLcB/s400/yosssh.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-fd_96XVxwJo/VzOh50Vl-rI/AAAAAAAAG0U/cMtKXLhehfsdLc81U44nPFSiJoWY2fMlgCLcB/s72-c/yosssh.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2015/11/peringati-hari-diabetes-dunia-cimsa.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2015/11/peringati-hari-diabetes-dunia-cimsa.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago