Archive Pages Design$type=blogging

Perbaikan Infrastruktur, dari Kampanye hingga Tutup Buku

Sumber: Internet
Oleh : Eko Ramdani

Infrastruktur atau prasarana menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah segala sesuatu yang menunjang berlangsungnya sebuah prosesdan kegiatan. Tanpa adanya prasarana, tiap peristiwa sepertipembangunan dan berbagai aktivitas manusia tidak akan berjalan dengan lancar

Prasarana yang cukup vital keberadaannya adalah jalan.Jalan digunakan sebagaisarana yangmenghubungkan berbagai tempat di suatu daerah. Pentingnya fungsijalansudah disadari sejak Indonesia dijajah Belanda. SaatHindia Belanda nama Indonesia dahulu dipimpin Herman Willem Daendels, rakyat Indonesia dipaksa untuk membangun jalan yang menghubungkan ujung Barat dengan Timur Jawa.

Akan tetapi, jika kita melihat kondisi jalanan saat ini di wilayah Tangerang Selatan (Tangsel) masih terdapat beberapa ruas jalan yang rusak. Pernyataan tersebut bukan tanpa alasan. Dikutip dari www.dbmsda.tangerangselatankota.go.id, 38 kilometerpanjang jalan Tangsel rusak. Miris, perbaikan jalan tak kunjung dilakukan hingga menjelang akhir tahun.

Hinggamenjelang akhir tahun 2015,masyarakatdapat melihat banyak pembenahan prasarana: menggali saluran air, menambal lubang di jalan, danmerenovasi pembatas jalan.Pemerintah daerah melakukan perintah untuk membenahi kerusakan tersebut.Anggaran yang dikeluarkan pun tak sedikit, namun hal tersebut tak menjadi masalah bagi daerah yang mempunyai jumlah penduduk yang banyak.

Sayangnya, Perbaikan prasarana di daerah terkadang hanya dilakukan di akhir masa jabatan pemerintah. Terlebih, pembenahan prasarana di akhir tahun seperti menjadi ritual bagi pemerintah Indonesia. Salah satu pembenahan yang terjadi di akhir tahun terdapat di Jalan Ir. H. Juanda, Ciputat. Pembatas jalan yang memang agak tenggelam oleh aspal namun masih layak digunakan segeradirenovasi pemerintah.

Perbaikan jalan juga kerap kali dijadikan ajang tutup buku sebagaipenentuan anggaran tahun selanjutnya. Tak hanya itu, perbaikan prasarana banyak terjadi puladi akhir masa jabatan. Bagi penguasa yang berniat kembali menyalonkan diri, hal itu dapat menjadi bahan kampanyenya.

Bukan hanya salah waktu,perbaikan prasarana juga dianggap salah target. Padahal, anggaran dapat dialokasikan ke sektor lain yang jauh lebih penting yaitu pendidikan dan kesehatan.


Entah apa alasan dari penguasa tentang hal itu, namun pastilah mereka mempunyai alasan yang benar “bijak” adanya. Tetapi, apakah mereka (pemerintah) tidak melihat yang ada disekitarnya? Atau mungkin mereka telah menutup mata dengan kepentingan masyarakat secara umum?

*Penulis adalah mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Jakarta
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Perbaikan Infrastruktur, dari Kampanye hingga Tutup Buku
Perbaikan Infrastruktur, dari Kampanye hingga Tutup Buku
https://4.bp.blogspot.com/-akV_pQtC4Xo/VkSQyNznfMI/AAAAAAAAF4Q/9IoHOOZblCE/s400/Gambar%2B%25281%2529.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-akV_pQtC4Xo/VkSQyNznfMI/AAAAAAAAF4Q/9IoHOOZblCE/s72-c/Gambar%2B%25281%2529.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2015/11/perbaikan-infrastruktur-dari-kampanye.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2015/11/perbaikan-infrastruktur-dari-kampanye.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago