Archive Pages Design$type=blogging

Perangi Mafia Listrik Prabayar

(Sumber: Internet)
 Oleh : Lia Syam Arif*

Listrik telah menjadi kebutuhan vitalmasyarakat  yang takdapat dipisahkan dalam berbagai kegiatan, baik ditingkat rumah tangga hingga usaha atau bisnis. Perusahaan Listrik Negara (PLN) persero sebagai pemasok listrik di Indonesia secara terus menerus memberikan   peningkatkan pelayanan mengacu pada  empat pilar  PLN bersih yaitu partisipasi, integritas, transparansi, dan akunbilitas.

Semakin berkembangnya zaman, banyak teknologi yang memudahkan masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari-harinya. Begitu pula dengan PLN, untuk memudahkan pelanggan dan memberikan keleluasan dalam pemakian lisrtik akhirnya pada tahun 2010 PLN meluncurkan produk baru mereka yaitu lisrik pintar (listrik prabayar). Listrik prabayar ini sendiri  kegunaanya adalah untuk mempermudah masyarakat dalam membayar listrik dan masyarakat bisa mengatur pemakian listrik sesuai kebutuhan.

Dengan adanya listik prabayar,masyarakat dapat mengatur pemakian listrik. Waktu demi waktu listrik pintar ini  menimbulkan efek buruk karena  bukan memberikan keuntungan. Di sisi lain, penggunaan listrik prabayar dapat memberikan kerugian kepada pelanggannya. 

Dilansir dari  CNN Indonesia Menteri  Koordinator  Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli menduga ada permainan mafia listrik isi ulang  atau  prabayar  yang dijalankan PLN. Hal tersebut diperkuat dengan adanya bukti Isi ulang yang  dijalankan PLN  nominal listrik yang diterima masyarakat hanya 70 persen dari jumlah utuh listrik tersebut. Terlebihpelanggan listrik pintar banyak darii kalangan menengah kebawah  yang hanya mengunakan  450 VA dan 900 VA daya tegang listrik.

Begitupun masyarakat, sudah mulai menyadari bahwa pembelian pulsa listrik pintar senilai Rp100 ribu hanya Rp73 ribu yang mereka dapat. Jika dibandingkan dengan pemakian listrik pascabayar, biaya yang ditanggung tak sebanyak pemakaian listrik prabayar. Walapun dalam penggunaan listrik pascabayar juga  dikenai uang tunggu bulanan.

Mahalnya tarif yang dirasakan pada listrik pintar  bukan saja menjadi catatan  PLN untuk membenahi  sistem dalam listrik pascabayar.  Akan tetapi masyarakat harus pintar dan cermat dalam penggunaan  listrik pintar.  Selain itu, masyarakat harus bisa memporsir semua pemakian listrik sesuai kebutuhan. Sehingga, tidak ada pemborosan listrik yang akhirnya menambah beban keuangan.


Banyak hal-hal kecil yang bisa membantu penghematan listrik  seperti mematikan lampu  pada pagi dan siang hari  atau  mematikan barang elektronik yang tidak digunakan. Tanpa disadari,  hal- hal kecil tersebut bisa  menjadikan penghematan listrik yang menjadikan pengeluaran untuk listrik jadi lebih hemat. 

*Penulis adalah Mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab, Fakultas Adab dan Humaniora UIN Jakarta
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Perangi Mafia Listrik Prabayar
Perangi Mafia Listrik Prabayar
https://2.bp.blogspot.com/-TKTJqCsD84Y/VkKtDljKT5I/AAAAAAAAF3g/TwTyn8uKe4M/s400/Screenshot_2015-11-10-22-57-28_1.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-TKTJqCsD84Y/VkKtDljKT5I/AAAAAAAAF3g/TwTyn8uKe4M/s72-c/Screenshot_2015-11-10-22-57-28_1.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2015/11/perangi-mafia-listrik-prabayar.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2015/11/perangi-mafia-listrik-prabayar.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago