Archive Pages Design$type=blogging

Pengetahuan Mahasiswa Tentang Repository UIN Jakarta

Di era keterbukaan informasi seperti sekarang ini, masyarakat bebas menerima, menyimpan dan, mengelola informasi dari berbagai sumber. Demi mendukung itu, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta memfasilitasi mahasiswanya agar lebih mudah mencari referensi untuk membuat karya tulis ilmiah, seperti skripsi, disertasi, dan tesis dengan membuat Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sudah tiga tahun repository hadir di UIN Jakarta. Namun nyatanya, hingga kini keberadaannya  tidak banyak diketahui mahasiswa. Padahal manfaat yang diperoleh dari repository sangat bisa membantu mahasiswa. Selain itu, jika dibandingkan dengan universitas negeri lainnya, semisal Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Diponegoro, karya tulis ilmiah yang sudah dipublis dalam repository UIN Jakarta masih sangat minim.

Berdasarkan hasil survei divisi litbang Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Institut UIN Jakarta. 62,4 %  mahasiswa tidak mengetahui Institutional Repository UIN Jakarta. Maka berimbas pada 87,1 % mahasiswa kurang dari tiga kali dalam mengunjungin repositoriy UIN Jakarta. Bukan hanya itu, 83,4 % mahasiswa juga belum memahami pasti kegunaan dari repository itu sendiri. Dalam membuat karya tulis ilmiah 49,7 % mahasiswa mencari referensi dari bukan website resmi UIN Jakarta.

Pengelola Perpustakaan Utama (PU) UIN Jakarta pun sudah maksimal untuk mensosialisasikan Institutional Repository UIN Jakarta, mulai dari pengenalan di Orientasi Pengenalan Akademik (OPAK), pengadaan brosur PU, hingga mengadakan seminar pengenalan repository tiap fakultas di UIN Jakarta. Tapi cukup disayangkan sosialisasi yang dilakukan PU tak menyentuh seluruh mahasiswa. Terlibih tingkat kepedulian mahasiswa masih minim.


*survei dilakukan oleh Litbang Institut pada 22-24 Oktober 2015 di kampus UIN Jakarta kepada 352 responden dari seluruh mahasiswa UIN Jakarta. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam survei ini adalah simple ramdom sampling dengan derajat kepercayaan 95%. Hasil survei ini tidak dimaksudkan untuk mengevaluasi repository UIN Jakarta secara keseluruhan namun hanya sebagai gambaran saja.
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Pengetahuan Mahasiswa Tentang Repository UIN Jakarta
Pengetahuan Mahasiswa Tentang Repository UIN Jakarta
http://1.bp.blogspot.com/-lmWud9FwSGE/VjONdx1DE_I/AAAAAAAAFs4/TOgqjd4lAWs/s640/survei%2Brepost.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-lmWud9FwSGE/VjONdx1DE_I/AAAAAAAAFs4/TOgqjd4lAWs/s72-c/survei%2Brepost.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2015/11/pengetahuan-mahasiswa-tentang.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2015/11/pengetahuan-mahasiswa-tentang.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago