Archive Pages Design$type=blogging

Meningkatnya Penyakit Filariasis di Indonesia



Dewasa ini arus urbanisasi makin meningkat, banyak faktor yang memengaruhi terjadinya hal tersebut. Mulai dari keadaan desa yang mulai tidak makmur sampai kebutuhan hidup masyarakat yang semakin mendesak. Masyarakat desa pada umumnya akan hijrah ke Ibu Kota dengan harapan bisa mendapatkan pekerjaan.

Hal tersebut disampaikan oleh dosen Fakultas Kedokteran Hewan, Institut Pertanian Bogor , Upik Kesumawati Hadi di seminar bertemakan Combat The Neglected Tropical Disease Towards a Filariasis-free country by 2020  yang diselenggarakan di Auditorium Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), Kamis (19/11). Ia menambahkan, fenomena urbanisasi ini banyak memengaruhi keadaan lingkungan di kota-kota besar. Salah satu contohnya adalah tak teraturnya rumah-rumah warga yang menyebabkan lingkungan menjadi kumuh dan rendahnya tingkat kesehatan.

Sementara itu, Dekan FKIK, Arif Sumantri mengatakan, filariasis atau penyakit kaki gajah adalah penyakit yang terabaikan dan belum banyak diketahui masyarakat.  “Penyakit ini tidak sampai mengakibatkan kematian, walaupun begitu harus tetap diperhatikan karena dapat mengakibatkan cacat permanen” ungkapnya dalam seminar yang diselengrahkan oleh Program Studi (Prodi) Kesehatan Mayarakat (Kesmas), FKIK Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Menanggapi hal itu, Ketua Bidang Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan (Dinkes) Tanggerang Selatan (Tangsel), Muhammad Alwan Aminuddin. Ia memaparkan, penyakit kaki gajah di Indonesia masih terhitung tinggi. “Diperkirakan 10 juta orang sudah terinfeksi cacing filaria, dan sekitar 60 juta orang berisiko terlular penyakit ini,” ujarnya.
  
Dari data Dinkes Tanggerang Selatan menyebutkan, Indonesia sebagai negara berkembang menduduki peringkat ke-2 dunia dalam jumlah penderita filariasis. Alwan menjelaskan pada tahun 2010 penderita kaki gajah mencapai 7 kasus, angka tersebut adalah tertinggi   pada periode 2008-2014. Dalam data tersebut juga memperlihatkan tempat yang paling banyak ditemukan kasus penyakit filariasis, yakni  Kampung Sawah, Ciputat, dengan jumlah 5 kasus.

Kaki Gajah ditularkan oleh nyamuk yang membawa cacing filaria. Nyamuk itu tersebar di seluruh dunia, kecuali Antartika karena suhu yang dingin. Dari 3450 jenis nyamuk, 457 jenis ada di Indonesia, di antaranya anopheles, culex, Aedes, dan mansonia. “Banyak nyamuk di Indonesia, tetapi jenis culex lah yang paling sering membawa cacing filaria,” ungkap dosen Fakultas Kedokteran Hewan, Institut Pertanian Bogor , Upik Kesumawati Hadi, Kamis (19/11).

Upik juga menjelaskan, nyamuk yang menghisap darah mengandung larva cacing dan akan disuntikan ke kulit manusia. Larva tersebut, lanjut Upik, akan tertinggal dan berkembang di dalam tubuh orang yang digigit. “Cacing yang berkembang biak dapat menghambat saluran limfe, sehingga terjadi pembengkakan pada kaki,”  ungkapnya.

Salah satu mahasiswa semester tujuh Jurusan Kesmas, Abdul Rohim mengatakan, masyarakat harus bisa mencegah penyakit filariasis dengan menjaga kebersihan lingkungan. “Mencegah penyakit itu kan lebih baik daripada mengobati,” ujar Ketua Pelaksana Seminar Combat The Neglected Tropical Disease Towards a Filariasis-free country by 2020, Kamis (19/11).

LSA

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Meningkatnya Penyakit Filariasis di Indonesia
Meningkatnya Penyakit Filariasis di Indonesia
https://4.bp.blogspot.com/-KM3T8BOQjOw/VzOdwgNGdyI/AAAAAAAAGzo/75r1f2KIPi0QCNsXbpw9qOLJPmI0FZzkgCLcB/s400/yosssh.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-KM3T8BOQjOw/VzOdwgNGdyI/AAAAAAAAGzo/75r1f2KIPi0QCNsXbpw9qOLJPmI0FZzkgCLcB/s72-c/yosssh.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2015/11/meningkatnya-penyakit-filariasis-di.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2015/11/meningkatnya-penyakit-filariasis-di.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago