Archive Pages Design$type=blogging

Karut Marut Kongres HMI ke-29



Kongres Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ke-29 yang digelar di Pekanbaru pada 22-26 November ini menimbulkan berbagai polemik. Seperti besarnya jumlah anggaran kongres, masalah logistik, dan kerusuhan yang dilakukan oleh mahasiswa HMI.

Koordinator Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Riau, Usman mengeluhkan soal anggaran untuk kongres tersebut. Dilansir tempo.co, kongres HMI ke-29 menghabiskan uang Rp 3miliar. Menurutnya, anggaran sebesar itu tidak wajar jika dikucurkan untuk seukuran organisasi mahasiswa. “Saya khawatir anggaran itu hanya menjadi lahan bancakan bagi anggota HMI,” ucapnya, Rabu (18/11).

Selain soal anggaran, rombongan kader HMI asal Makassar memaksa agar bisa menaiki kapal PT Pelni secara gratis. Laporan dari Pejabat Hubungan Masyarakat (Humas) Pelabuhan Makassar, Erisanty mengatakan, tercatat 1048 kader HMI turut serta dalam rombongan yang berangkat dari Makassar menuju Jakarta untuk melanjutkan perjalanan ke Pekanbaru. Dari keseluruhan penumpang, 1025 mahasiswa di antaranya tidak memiliki tiket untuk menaiki kapal. “Padahal, PT Pelni dan HMI sudah ada kesepakatan untuk memberikan diskon dari Rp 450ribu menjadi Rp230 ribu,” keluhnya, Rabu (18/11).
 
Tak berhenti sampai di masalah transportasi, pemilik restoran di Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, mengalami kerugian Rp. 12 juta karena rombongan penumpang bus makan di restorannya tanpa membayar. Rombongan tersebut diduga berasal dari rombongan HMI yang akan mengikuti kongres ke-29 di Pekanbaru. “Ini terbukti dengan tulisan ‘Rombongan HMI’ yang dipasang di bus,” kata Kepala Kepolisian Resor Indagiri Hulu, Ajun Komisaris Besar, Ary Wibowo, Minggu (22/11).

Ary mengatakan, peristiwa ini terjadi pada Sabtu siang. Sebanyak 21 bus berhenti di Rumah Makan Umega untuk makan siang. Selesai makan, koordinator hanya menyerahkan uang sebesar Rp 1,2 juta. “Saat ia mengurus pembayaran, 20 bus lainnya sudah pergi lebih dulu,” tandasnya.

Sesaat sebelum kongres, Ribuan kader HMI kembali berulah karena tak mendapat akomodasi dan penginapan oleh panitia penyelenggara kongres pada Sabtu malam (21/11). Menurut warga sekitar, Zuhdi, mereka mengamuk di Jl. Jendral Sudirman, Pekanbaru. 

Rombongan ini, lanjut Zuhdi, melampiaskan kekecewaannya dengan cara membakar ban bekas dan memblokir jalan. Kaca Gedung Gelanggang Olah Raga (GOR), pagar, dan lampu taman juga dirusak oleh kader HMI. "Mereka merasa tidak disambut baik oleh panitia,” ujarnya, Sabtu (22/11).

DP
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Karut Marut Kongres HMI ke-29
Karut Marut Kongres HMI ke-29
https://1.bp.blogspot.com/-sNJpboDNHY0/VzOdDbP3ePI/AAAAAAAAGzg/7-wyCLe19tc5tOI2wpwu8rr1_ZK_FBoqACLcB/s400/yosssh.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-sNJpboDNHY0/VzOdDbP3ePI/AAAAAAAAGzg/7-wyCLe19tc5tOI2wpwu8rr1_ZK_FBoqACLcB/s72-c/yosssh.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2015/11/karut-marut-kongres-hmi-ke-29_23.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2015/11/karut-marut-kongres-hmi-ke-29_23.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago