Archive Pages Design$type=blogging

Jurnalisme Warga Pantau Pemilukada


Jurnalisme warga adalah kegiatan peliputan yang dilakukan masyarakat terhadap kondisi di lingkungannya. Laiknya wartawan professional, tulisan yang mereka hasilkan dilengkapi juga dengan nilai-nilai berita.

Hal ini disampaikan oleh Muhammad Irham dalam Workshop yang bertajuk Jurnalisme Warga untuk Pengawasan Korupsi Pemilukada. Acara ini diselenggarakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) INSTITUT  di Aula Student Center (SC), Jumat (6/11).

Menurut Irham, jurnalisme warga penting dalam memantau kondisi di sekitar mereka. Terlebih, media hingga saat ini masih kekurangan sumber daya manusia dalam pekerjaannya sebagai wartawan. “Tidak semua media bisa mengekspos berita di kalangan masyarakat,” tegas Sekretaris Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta.

Sementara itu, Fadli Ramadhani menganggap momen pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) dapat menjadi kesempatan masyarakat untuk menjadi jurnalisme warga. “Peran pemilukada sangat penting untuk warga,” katanya, Jumat (6/11). Melalui pemilukada, masyarakat menentukan pemimpin yang dapat memajukan daerahnya.

Calon kepala daerah seringkali melakukan pelanggaran saat masa transisi menuju pemilukada. Fadil mencontohkan, banyak calon kepala daerah yang ingkar janji pada pemilihan tahun lalu. “Masyarakat mendapat janji seperti biaya sekolah dan berobat gratis. Nyatanya, mereka malah membayar untuk fasilitas tersebut,” tandas perwakilan Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem).

Menanggapi hal tersebut, Kaka Prakasa selaku pembicara dari Information and Communication Technology (ICT) Laboratory for Social Change turut mengatakan, masyarakat yang sudah menulis berita dapat ia kirim melalui media perantara. “Perantara bisa berupa blog dan media sosial,” tambahnya, Jumat (6/11).

Kaka juga menyarankan aspirasi peserta disalurkan ke Mata Massa. Matta Massa adalah aplikasi untuk masyarakat yang bertujuan melaporkan tindak kecurangan dalam pemilukada. “Menjadi jurnalisme warga bisa lebih mudah dengan aplikasi Mata Massa,” sarannya.

Ketua Pelaksana, Muhammad Rizky Rakhmansyah berharap melalui acara ini mahasiswa dapat mengawal jalannya pemilukada. “Mengawasi, mencari data, hingga menulis tentang pemilukada. Secara tak langsung masyarakat telah menjadi jurnalisme warga,” tambahnya, Jumat (6/11).

Salah satu peserta, mahasiswa Fakultas Ushuluddin, Ziaul Haq juga menganggap mahasiswa harus berperan dalam pengawasan pemilukada nanti. “Kita harus peduli dalam urusan jalannya pemerintahan, apalagi sudah ada aplikasi Mata Massa,” tutupnya, Jumat (6/11).

DP
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Jurnalisme Warga Pantau Pemilukada
Jurnalisme Warga Pantau Pemilukada
https://4.bp.blogspot.com/-oEeD78pC_mw/VznDEwc9CvI/AAAAAAAAG3s/YZrzXn-qcqcn3pW5Yx7QIpMYFIbGzRYhACLcB/s400/yosssh.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-oEeD78pC_mw/VznDEwc9CvI/AAAAAAAAG3s/YZrzXn-qcqcn3pW5Yx7QIpMYFIbGzRYhACLcB/s72-c/yosssh.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2015/11/jurnalisme-warga-pantau-pemilukada.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2015/11/jurnalisme-warga-pantau-pemilukada.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago