Archive Pages Design$type=blogging

Mahalnya Operasional Media Elektronik

(Sudirman Tebba)



Dewasa ini, perkembangan teknologi banyak mempengaruhi pertumbuhan media elektronik. Munculnya media elektronik pun tak luput dengan modal yang digunakan untuk dana operasional. Pemenuhan modal harus terpenuhi setiap harinya, karena media terus aktif 24 jam. Namun, sayangnya pengeluaran media masih tak sebanding dengan pendapatan yang masuk setiap harinya.

Berikut hasil wawancara reporter Institut, dengan Dosen Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FIDIKOM) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta yang juga pernah menjadi wartawan ANTV, Sudirman Tebba, Selasa (20/10).

Berapakah biaya produksi yang harus dikeluarkan media?

Media elektronik (televisi) tiap harinya dapat menghabiskan dana sekitar 1 milyar bahkan lebih. Terlebih disaat nilai rupiah sedang mengalami penurunan, biaya operasinal akan mencapai 1,5 milyar. Mahalnya biaya terjadi karena disetiap transaksi, media tersebut menggunakan mata uang dolar, seperti penyewaan gedung.

Apa saja upaya media dalam pemenuhan produksi?

Biasanya, media elektronik berada di bawah grup perusahaan yang dimiliki salah satu pengusaha. Contoh, TV One milik grup perusahaan Bakrie yang juga memiliki perusahaan tambang. Jadi, media mengandalkan dana dari grup perusahaanuntuk biaya operasionalnya, hal tersebut dilakukan karena pengeluaran tidak seimbang dengan pemasukan.

Lantas,bagaimana cara media untuk memanfaatkan keuntungan dari iklan?

Guna memanfaatkan pendapatan dari iklan, media membuat sebuah jaringan. Misalnya, media yang awalnya cetak seperti Kompas, kini juga mulai merambah elektronik dan website. Jaringan media  ini membuka wadah baru bagi industri untuk memperkenalkan produknya melalui iklan di media. Contoh lainnya, RCTI yang awalnya hanya televisi, kini mempunyai terbitan cetak, online,bahkan radio.

Di beberapa acara televisi, penayangan iklan terlihat dominan. Apakah hal itu tidak menjadi sebuah pelanggaran?

Sebenarnya, kuota iklan yang boleh ditampilkan sekitar 30%. Angka tersebut diambil dari total keseluruhan tayangan media dan bukan per acara. Waktu tayang media rata-rata adalah 20 jam, sedangkan iklan yang muncul hanya sekitar 1-2%-nya.

Tak hanya itu, ada waktu-waktu tertentu yang menurut perhitungan banyak orang yang menonton, lalu iklan memberikan tariff mahal. Namun, pendapatan media dari iklan masih kurang, hal itu karena belum terpunuhinya 30% kuota.

Dengan melihat media elektronik yang terus berkembang, apakah media cetak dapat kehilangan peminat?

Media cetak tidak akan kehilangan peminat. Hal tersebut dikarenakan media cetak sudah memiliki pasar tersendiri. Namun, menurut saya ada kemungkinan pada tahun 2050 media cetak akan menghilang. Lantaran bahan baku kertas yakni pohon juga semakin berkurang. Saat ini, media telah menggunakan kemajuan teknologi untuk tetap bertahan, salah satunya dengan multimedia. Dengan cara ini, setiap orang dapat mengakses semua media hanya dengan satu alat seperti smartphone.

ER
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Mahalnya Operasional Media Elektronik
Mahalnya Operasional Media Elektronik
https://3.bp.blogspot.com/-TWmn7V8u-0E/VitI_KTGUEI/AAAAAAAAFoI/D5HyBZ3WcTs/s400/Sudirman_master_Rahmat.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-TWmn7V8u-0E/VitI_KTGUEI/AAAAAAAAFoI/D5HyBZ3WcTs/s72-c/Sudirman_master_Rahmat.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2015/10/mahalnya-operasional-media-elektronik.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2015/10/mahalnya-operasional-media-elektronik.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago