Archive Pages Design$type=blogging

Gambaran Manusia Tanpa Aturan



Lukisan berkanvas bundar tergantung di dinding gedung A Galeri Nasional (Galnas) Indonesia. Tampak tiga karakter menjadi tokoh utama dalam lukisan tersebut. Karya berlatarbelakang taman ini menggambarkan satu keluarga yang sedang rekreasi.

Lukisan berjudul Keluarga di Taman Kupu-Kupu ini menampilkan sebuah keluarga terdiri dari ayah, ibu dan anak sedang menikmati suasana taman di tengah kota. Taman itu dipenuhi kupu-kupu serta berbagai macam tanaman yang menghiasinya. Namun pada kenyataannya, taman di kota besar seperti Jakarta sudah tidak lagi nyaman bagi keluarga. Taman yang ada pun sangat sedikit karena beralih menjadi perumahan warga.

Kehidupan di kota besar menuntut setiap individu mempunyai pekerjaan masing-masing. Hal tersebut membuat sebuah keluarga di kota besar tak lagi utuh. “Satu keluarga pun terkadang tidak tinggal satu rumah,” ungkap pelukis, Tatang Ramadhan, Kamis (15/10).

Sebuah keluarga, menurut Tatang, seharusnya mempunyai waktu luang untuk berkumpul. Apalagi sarana hiburan  seperti taman di kota besar sudah berkurang. Maka dari itu, sangat dibutuhkan sebuah tempat untuk berkumpul keluarga.

Bukan hanya lukisan tapi ada juga beberapa patung yang dipamerkan. Salah satunya yaitu patung manusia yang sedang berdiri menghadap ke sebuah urinarium. Patung tersebut hanyalah kepala dan kaki saja tanpa badan.

Patung tanpa badan itu menggambarkan bahwa kepribadian orang Indonesia sudah tidak utuh. Manusia seharusnya dapat saling bersatu dan tidak merugikan orang lain. Namun, kini banyak orang yang sudah merugikan orang lain seperti pedagang yang seenaknya berjualan di trotoar tempat pejalan kaki. “Saya menggambarkan orang Indonesia ya seperti itu, sudah tidak utuh,” kata Tatang, Kamis (15/8).

Pameran tunggal bertema Disorde ini diadakan pada 6-18 Oktober 2015. Disorde yang bermakna tanpa aturan, menggambarkan kondisi manusia yang sudah jauh dari aturan. Pameran karya Tatang Ramadhan memamerkan 45 lukisan dan 6 instalasi patung. Tatang yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Intitut Teknologi Bandung (ITB) ini menggelar pameran sebagai bentuk pertanggungjawaban atas pendidikan dikenyamnya dan edukasi seni kepada anak muda Indonesia.

Pameran yang berlangsung selama 13 hari itu telah menarik banyak pegunjung, bukan hanya dari Jakarta, tetapi juga dari luar kota. Salah satunya pengunjung asal Semarang, Indah Dewi. Ia mengatakan bahwa lukisan yang dipamerkan sangat menggambarkan situasi di Indonesia saat ini. “Dari lukisan yang ada, banyak yang membingkai keadaan bangsa Indonesia,” ungkapnya, Kamis (15/10).
Hal senada juga diungkapkan pengunjung lain asal Jakarta, Bayu Ramadhan. Dirinya mengungkapkan, karya Tatang sangat bagus dan menarik. “Banyak maksud yang ingin disampaikan dari lukisan dan patung yang dipamerkan,” katanya, Kamis (15/10).

ER
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Gambaran Manusia Tanpa Aturan
Gambaran Manusia Tanpa Aturan
https://4.bp.blogspot.com/-99Fp_gMj5Tg/V0MyU9kr3aI/AAAAAAAAG-c/_G5DYitkp4s0AtFozJ1OgcAzNGnTbzS1ACLcB/s400/yosssh.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-99Fp_gMj5Tg/V0MyU9kr3aI/AAAAAAAAG-c/_G5DYitkp4s0AtFozJ1OgcAzNGnTbzS1ACLcB/s72-c/yosssh.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2015/10/gambaran-manusia-tanpa-aturan.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2015/10/gambaran-manusia-tanpa-aturan.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago