Archive Pages Design$type=blogging

Berhenti Impor Beras, Cintai Produk Sendiri


Bila ada seribu mahasiswa yang peduli terhadap kedaulatan pangan, yang peduli terhadap nasib para petani, pastikan dalam diri kita, kita adalah satu di dalamnya..

Bila ada seratus mahasiswa, yang peduli terhadap kedaulatan pangan, yang peduli terhadap nasib para petani, pastikan dalam diri kita, kita adalah satu di dalamnya…

Bila ada, satu satunya mahasiswa, yang peduli terhadap kedaulatan pangan, yang peduli terhadap nasib para petani lokal, pastikan dalam diri kita, kita adalah satu satunya itu, kita yang peduli itu…

Tiga baris kalimat itulah yang dilaungkan oleh beberapa mahasiswa dari Jurusan Agribisnis Fakultas Sain dan Teknologi (FST) dalam aksi bertajuk “KONTEMPLASI KEDAULATAN PANGAN : Refleksi Memperingati Hari Tani ke-55”. Aksi dimulai dengan berjalan dari halaman FST kemudian ke Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) dan berakhir di depan Halte Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Rabu (30/9).

Koordinator lapangan (Korlap), Sahrul Maulidian Alfarizal menuturkan aksi tersebut diadakan guna memperingati Hari Tani Nasional yang ke-55 pada  24 September 2015 kemarin. Selain itu, aksi ini sebagai bentuk penolakan program pemerintah yaitu mengimpor beras, yang disahkan pada 22 september lalu. “Kami tidak setuju dengan program ini, di indonesia pun masih banyak sumber yang bisa dimanfaatkan,” ujarnya.

Tambah Sahrul,  sumber energi bagi masyarakat Indonesia bukan hanya beras. Namun, banyak juga makanan lain seperti singkong, ubi, dan jagung yang sama-sama mengandung karbohidrat seperti beras. Menurutnya, masyarakat dan mahasiswa perlu mengetahui jenis makanan lokal yang masih bisa memenuhi kebutuhan pangan tanpa harus mengimpor. ”Kalau mengimpor, berarti pengeluaran negara makin bertambah,” katanya.

Disamping itu, pimpinan aksi, Noval Abdillah juga mengatakan dalam aksi ini mahasiswa memiliki tiga tuntutan. Pertama, rencana impor beras harus dibatalkan karena semakin memperbesar pengeluaran negara. Kedua, penganekaragaman makanan pokok harus dilakukan pemerintah supaya masyarakat tidak tergantung kepada beras. “Sumber tenaga kan tidak hanya dari beras, di papua sana juga makan sagu, mereka tetap hidup,” katanya.

Terakhir, lanjut Noval, pembagian distribusi ke petani harus diperbaiki. Noval menyarankan agar pemerintah mengelola disribusi dari petani langsung ke pasar. ”Supaya harga yang dipasar tidak terlalu mahal dan petani pun mendapatkan upah yang sepantasnya,” tutupnya.


Salah satu mahasiswa Fakultas Ushuluddin (FU), Faris Fadil mengatakan adanya aksi tersebut memperlihatkan bahwa masih banyak mahasiswa yang peduli dengan petani. Tetapi, ia menyayangkan waktunya yang dilaksanakan pada jam kuliah. “Perlu disesuaikan kembali waktu berorasi, supaya tidak mengganggu aktifitas perkuliahan,” katanya.

YZ
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Berhenti Impor Beras, Cintai Produk Sendiri
Berhenti Impor Beras, Cintai Produk Sendiri
https://3.bp.blogspot.com/-tvJsEfIUFgU/V0hmhzcafyI/AAAAAAAAHBM/kh7trsgmeF0FH1osrEOSl_PXymTPpF6uQCLcB/s400/yosssh.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-tvJsEfIUFgU/V0hmhzcafyI/AAAAAAAAHBM/kh7trsgmeF0FH1osrEOSl_PXymTPpF6uQCLcB/s72-c/yosssh.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2015/10/berhenti-impor-beras-cintai-produk.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2015/10/berhenti-impor-beras-cintai-produk.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago