Archive Pages Design$type=blogging

Surat Terbuka untuk Lingkar Studi Ciputat

(Sumber: Internet)
Oleh: Suci F. Tanjung*

Rabu, 9 September 2015 teman-teman mahasiswa di Ciputat mendapatkan pesan siar berupa seruan aksi untuk melakukan protes kepada pemerintahan Joko Widodo. Aksi yang diinisiasi oleh organisasi bernama Lingkar Studi Ciputat itu dilaksanakan pada tanggal 10 September 2015 di depan Gedung MPR/DPR RI.

Dalam aksi tersebut, massa aksi menggunakan pakaian dalam perempuan atau yang lazim disebut Breast Holder (BH) sebagai simbolisasi pemerintahan yang lemah, lamban dan dianggap tidak mampu menyelesaikan permasalahan rakyat. Pertanyaannya kemudian, mengapa menggunakan BH? BH sangat identik dengan perempuan. Menggunakan BH sebagai simbol untuk menandakan kelemahan, kelambanan, dan ketidakbecusan adalah hal yang sangat tidak elegan. Artinya, pandangan sosial yang dikonstruk untuk perempuan sebagai yang lemah, yang lamban, dan yang tidak becus telah diamini oleh massa aksi.

Saya mewakili Keluarga Besar Mahasiswa Ciputat yang terdiri dari Perempuan Seroja, Komite Mahasiswa dan Pemuda Anti Kekerasan (KOMPAK), Lingkar Studi-Aksi untuk Demokrasi (LS-ADI), Kohati HMI Ciputat, Liberty Studies, HMI Komisariat FISIP Ciputat, dan PMII Komisariat Adab Ciputat menyayangkan penggunaan simbol-simbol yang diskriminatif dan subordinatif sebagai alat untuk mengkritik dan menuntut keadilan. Sebagai masyarakat beradab, memiliki wawasan politik yang cukup luas dan memegang predikat mahasiswa, sangat naif jika masaa aksi masih saja melecehkan perempuan.

Oleh karena itu, kami menuntut Lingkar Studi Ciputat untuk:
  1. Mengklarifikasi penggunaan pakaian dalam perempuan sebagai atribut aksi.
  2. Meminta maaf secara terbuka atas penggunaan simbol-simbol yang merendahkan perempuan.
  3. Berjanji di depan umum untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.
Jika tuntutan ini tidak diindahkan maka kami melebeli organisasi Lingkar Studi Ciputat sebagai organisasi yang tidak pro-perempuan.

*Penulis adalah anggota Keluarga Besar Mahasiswa Ciputat

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Surat Terbuka untuk Lingkar Studi Ciputat
Surat Terbuka untuk Lingkar Studi Ciputat
http://3.bp.blogspot.com/-OUAvVIlyskA/VfQRftksIvI/AAAAAAAAFVQ/5hjnemwHTCI/s400/lsc-10-9-2015-651.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-OUAvVIlyskA/VfQRftksIvI/AAAAAAAAFVQ/5hjnemwHTCI/s72-c/lsc-10-9-2015-651.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2015/09/surat-terbuka-untuk-lingkar-studi.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2015/09/surat-terbuka-untuk-lingkar-studi.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago