Archive Pages Design$type=blogging

Menilik Program KKN 2015



Pengabdian kepada masyarakat merupakan poin Tridharma perguruan tinggi yang harus dipenuhi oleh mahasiswa. KuliahKerjaNyata (KKN) adalah salah satu cara untuk memenuhinya. KKN di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta terbagi menjadi tiga jenis yaitu, KKN reguler, mandiri, dan kebangsaan.

Tahun ini terdapat 160 kelompok KKN reguler dengan anggota yang tersebar dari 8 fakultas berbeda. Seluruh kelompok KKN berkewajiban membuat program kerja (proker) sebagai rencana kegiatan selama mengabdi pada masyarakat desa.

Berdasarkan hasil survei divisi Litbang Institut, sebagian besar kelompok KKN membuat proker yang sesuai dengan situasi dan kondisi di desa KKN. Tujuan mereka sederhana yakni menginginkan keadaan masyarakat desa yang sejahtera setelah adanya pengabdian dari kelompok KKN.

Untuk menjalankan proker, kelompok KKN membutuhkan dana yang tidak sedikit. Apalagi harus membangun sarana dan prasarana desa, seperti  membeli bak sampah, membuat taman baca, renovasi tempat ibadah, dan lain sebagainya.

Pusat Pengabdian Masyarakat (PPM) UIN Jakarta telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 10 juta per dosem pembimbing KKN. Dana tersebut mestinya digunakan dosen pembimbing untuk melakukan pengabdian bersama mahasiswa. Namun, pembagian dana tersebut tak merata. Dari 80 responden hanya 32,5 %  kelompok KKN yang mendapat uang lebih dari Rp 8 juta.


*Survei dilakukan oleh Litbang Institut pada 19-23 September 2015 di kampus UIN Jakarta kepada 80 responden dari kelompok KKN yang berbeda. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam survei ini adalah simple random sampling dengan derajat kepercayaan sebesar 92%. Hasil survei ini tidak dimaksudkan untuk mengevaluasi program KKN secara keselurahan namun hanya sebagai gambaran saja.
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Menilik Program KKN 2015
Menilik Program KKN 2015
http://2.bp.blogspot.com/-wTZZEs1ihC4/VhnpulCgImI/AAAAAAAAFg4/zgbsCVNRznM/s640/diag%2Bproker%2Bkkn.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-wTZZEs1ihC4/VhnpulCgImI/AAAAAAAAFg4/zgbsCVNRznM/s72-c/diag%2Bproker%2Bkkn.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2015/09/menilik-program-kkn-2015.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2015/09/menilik-program-kkn-2015.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago