Archive Pages Design$type=blogging

Mahasiswa KKN UIN Jakarta Buatkan Web Desa

(Dok: Pribadi)
Semarak pengabdian mahasiswa kepada bangsa sebagai wujud pelaksanaan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi menggaung pada Agustus 2015 oleh berbagai universitas di Indonesia. Universitas Islam Negri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta menjadi salah satu Kampus yang melaksanakan KKN, tersebar di 160 titik Kabupaten Bogor dan Tangerang yang tahun ini bertema Mengabdi untuk Negeri, Berkarya untuk Bangsa.

Desa Ciaruteun Udik, Kecamatan Bogor menjadi salah satu tempat pelaksanaan KKN yang diselenggarakan UIN Jakarta. Salah satu karya mahasiswa dalam bidang pelayanan masyarakat adalah Web desa. Website tersebut diharapkan menjadi media komunikasi desa yang informatif, sehingga segala hal yang berhubungan dengan desa dapat diketahui melalui media elektronik.

“Untuk menyeimbangi zaman sekarang yang serba internet, maka sudah seharusnya desa memiliki perangkat yang mudah dilihat oleh seluruh masyarakat di berbagai daerah. Website ini berfungsi untuk menjadi media informasi juga sebagai media marketing desa,” Tutur Faqih Alhaq selaku ketua KKN Cetar UIN Jakarta. Untuk menjaga agar website desa dapat terus berjalan sepeninggal mereka, pelatihan website desa bagi pemuda-pemuda dan aparatur desa diadakan untuk menjadi admin website yang kedepannya bertanggung jawab terhadap website itu.

“Senang sekali akhirnya website ini selesai. Kurang lebih waktu-waktu saya habis terpakai untuk menyelesaikan web ini. Tapi alhamdulillah semua lancar berkat bantuan dan dukungan dari desa dan kawan-kawan,” kata Khoirullah yang akrab disapa Irul, penanggung jawab website ketika ditanya kesan pembuatannya di sela-sela acara pelatihan yang dihadiri oleh kurang lebih 30 orang dari berbagai elemen desa.


Tajudin Sumaedi selaku Kepala Desa Ciaruteun Udik turut senang dan berterima kasih kepada mahasiswa-mahasiswa. Dia berharap semoga website ini bisa menjadi sumber berita bagi masyarakat lainnya, walaupun dia tidak bisa mengoperasikannya. Sehingga pelatihan web tersebut bagi aparatur desa menjadi penting adanya. 


Penulis adalah Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Mahasiswa KKN UIN Jakarta Buatkan Web Desa
Mahasiswa KKN UIN Jakarta Buatkan Web Desa
http://3.bp.blogspot.com/-gOip-HnybL8/Ve7Il8xEzEI/AAAAAAAAFTY/l_U2G5sGy-8/s400/unnamed.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-gOip-HnybL8/Ve7Il8xEzEI/AAAAAAAAFTY/l_U2G5sGy-8/s72-c/unnamed.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2015/09/mahasiswa-kkn-uin-jakarta-buatkan-web.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2015/09/mahasiswa-kkn-uin-jakarta-buatkan-web.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago