Archive Pages Design$type=blogging

Kesulitan Ekonomi Membuat Peralihan Profesi



Membaiknya perekonomian Amerika Serikat dan naiknya suku Bunga The Fad di Amerika berimbas ke dalam negeri. Sehingga membuat nilai tukar rupiah turun ke level Rp13.000 per dolar dan beberapa harga bahan mentah turun drastis. Seperti harga karet dari Rp. Rp15.000-17.000 per Kg turun menjadi Rp6.000 per Kg, Gula merah dari Rp14.000 turun menjadi Rp9.000 per Kg.

Di tambah lagi sulitnya lapangan pekerjaan terpaksa membuat petani di Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara beralih profesi menjadi Penambang dan pendompeng emas.Peralihan profesi tersebut merata diseluruh kecamatan di daerah Mandailing Natal, seperti kecamatan Muara Sipongi, Huta Bargot, Kotanopan dan Panyabungan.

Terjadinya peralihan profesi  menjadi penambang emas membuat penghasilan karet, gula merah dan sawit berkurang di Mandailing Natal. Di samping itu, akibat dari peralihan tersebut banyak para penambang yang tak dibekali pelatihan dan sosialisasi sebelumnya.Hal ini, mengakibatkan para penambang yang tertimbun tanah.

Selain itu, tanah yang akan digali masih menggunakan  alat-alat yang tradisional seperti cangkul, baja, dan karung sehinnga membuat kerja mereka lambat dan hasil yang diperoleh tidak memuaskan. “Banyak Penambang di daerah ini tidak dibekali kemampuan yang mempuni.Di tambah lagi profesi tambang sebagai plagiat karena kesulitan ekonomi dan turunya harga mata pencahrian penduduk” ujar Murdani salah seorang penambang, Rabu, (29/07).

Hal senada di ungkapkan Zulkar (42) yang juga seorang penambang mengatakan belum adanya penyuluhan dan sosialisasi membuat para penambang kesulitan untuk mendeteksi emas.”Belum adanya penyuluhan dari pemerintah daerah membuat kita para penambang kesulitan menentukan daerah yang berpotensi memilki emas yang banyak,” ungkapnya.

Berbeda dengan Khumaini, salah seorang petani karet dari daerah Kotanopan, ia tetap bertahan menjalani profesi sebagai petani karet meskipun harga karet sedang anjlok. Namun, ia berharap pemerintah dapat secepat mungkin mengoptimalkan harga kembali.


“Kami berharap agar pemerintah segera mengatasi kembali harga barang mentah seperti sedia kala.Demikian itu dikarenakan karet dan gula merah merupakan mata pencaharian mayoritas masyarakat Mandailing Natal. Beberapa warga di sini masih tetap pergi ke kebun  dan menjalani profesi sebagai petani,” ujarnya, Kamis, (30/07). 

Z
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Kesulitan Ekonomi Membuat Peralihan Profesi
Kesulitan Ekonomi Membuat Peralihan Profesi
https://3.bp.blogspot.com/-y0Mzf1qvogM/V3aXkc0IRMI/AAAAAAAAHec/TCXrkOIHxhMZWeUeX8wZmmi8EtGgLauxwCLcB/s400/TEMPLATE%2BFOTO%2BDI%2BWEB%2B00.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-y0Mzf1qvogM/V3aXkc0IRMI/AAAAAAAAHec/TCXrkOIHxhMZWeUeX8wZmmi8EtGgLauxwCLcB/s72-c/TEMPLATE%2BFOTO%2BDI%2BWEB%2B00.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2015/08/kesulitan-ekonomi-membuat-peralihan.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2015/08/kesulitan-ekonomi-membuat-peralihan.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago