Archive Pages Design$type=blogging

Berkas Sejarah Soekarno di Bengkulu



Jika dilihat sekilas, rumah yang terletak di Kelurahan Anggut, Kota Bengkulu ini berbeda dengan bangunan-bangunan lain di sekitarnya. Nuansa arsitektur tahun 90-an, terlihat pada struktur dan desain interior dalam rumah  yang terbuat dari kayu tersebut. Tidak hanya itu, rumah ini juga menjadi saksi bisu perjuangan Soekarno dalam merintis usaha kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.

Rumah yang dibangun pada abad ke-20 ini, awalnya dihuni oleh pengusaha dari negeri Cina yang bernama Tan Eng Cian. Pada tahun 1938, rumah tersebut dibeli oleh pemerintah Belanda. Kemudian, dijadikan rumah kediaman Soekarno selama ia diasingkan di Kota Bengkulu.

Itulah sekilas gambaran tentang rumah pengasingan Soekarno di Kota Bengkulu. Rumah yang kini menjadi cagar budaya Kota Raflesia ini, dahulu sangat dekat dengan Benteng Malborough, benteng yang yang menjadi pusat pemerintahan Belanda saat berada di Bengkulu. Rumah tersebut memang dirancang dekat dari  pusat pemerintahan Belanda agar semua gerak-gerik Soekarno dapat dipantau.

Pasca pengasingan di Kota Bengkulu, barang peninggalan milik Soekarno disimpan di rumah pengasingan tersebut. Salah satunya adalah buku. Berbagai macam buku seperti karya sastra klasik, ensiklopedia, data kepemimpinan Jong Java, dan Alkitab Pemuda Katolik tersusun rapi didalam rak kayu.

Sayangnya, buku-buku yang mayoritas berbahasa Belanda itu sudah dalam keadaan usang termakan usia. sekitar 60 persen dari jumlah keseluruhan buku yang ada di Rumah Pengasingan Bung Karno ini mengalami kerusakan yang memprihatinkan.

Selain mengoleksi buku, terdapat juga seragam milik sanggar kesenian Tonil Monte Carlo yang didirikan oleh Soekarno. Nahas, keadaan seragam tersebut sudah terlihat usang. Tidak tersedianya pengatur suhu di dalam lemari dan ruangan, menjadi alasan koleksi pakaian tersebut usang.

Dengan dijadikannya Rumah Soekarno sebagai cagar alam budaya, banyak masyarakat yang datang berkunjung. “Pengunjung datang untuk melihat sejarah tentang Soekarno ketika diasingkan di Bengkulu,” tutur Andri Hakim salah satu gate di rumah Soekarno, Jumat (31/7).

Senada dengan Andri, mahasiswi Universitas Islam Malang, Dewi Sarah mengatakan, para pengunjung dapat menambah wawasan sejarah Indonesia.“Rumah pengasingan Soekarno saat di Bengkulu sangat bermanfaat dan menyenangkan selain tempatnya yang bersih dan rapi  untuk bertamasya,” ungkap Dewi.

LSA
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Berkas Sejarah Soekarno di Bengkulu
Berkas Sejarah Soekarno di Bengkulu
https://2.bp.blogspot.com/-KTaJNPXs7As/V3aYCowH6KI/AAAAAAAAHeg/Iu42oIGNH6k4rH9L6gzdjnLjpDe0Hqr5gCLcB/s400/TEMPLATE%2BFOTO%2BDI%2BWEB%2B00.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-KTaJNPXs7As/V3aYCowH6KI/AAAAAAAAHeg/Iu42oIGNH6k4rH9L6gzdjnLjpDe0Hqr5gCLcB/s72-c/TEMPLATE%2BFOTO%2BDI%2BWEB%2B00.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2015/08/berkas-sejarah-soekarno-di-bengkulu_10.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2015/08/berkas-sejarah-soekarno-di-bengkulu_10.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago