Archive Pages Design$type=blogging

Anggaran OPAK Masih Dianggap Kurang


Berdasarkan rencana anggaran kegiatan Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta yang ditandatangani pada 2 Agustus 2015, total anggaran OPAK mencapai Rp515 juta. Anggaran tersebut dialokasikan 20% atau Rp103 juta untuk OPAK tingkat universitas dan 80% atau Rp412 juta untuk OPAK tingkat fakultas. Namun, anggaran yang telah direncanakan untuk beberapa fakultas masih dianggap tak mencukupi.

Seperti yang terjadi di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK). Bendahara Umum Dema-F FITK, Rahmawani Wulandari menuturkan, FITK pada awalnya mengajukan anggaran Rp78 juta untuk perkiraan 988 mahasiswa, tapi kenyataannya dana yang didapat hanya Rp68 juta untuk 1164 mahasiswa. Dana tersebut kemudian dialokasikan pada jurusan sebesar Rp20 juta dan dipotong pajak Rp6 juta.

Rahmawani menambahkan, meski dari pihak Dema-F FITK telah mengusulkan kembali rancangan anggaran dana guna memenuhi kebutuhan OPAK, namun sampai sekarang dana yang diajukan belum juga cair. “Makanya kita (Dema-F) pakai uang pribadi dulu buat menutupi kekurangannya,” tambahnya, Rabu (26/8).

Kekurangan dana akibat melonjaknya jumlah mahasiswa dirasakan pula oleh Fakultas Syariah dan Hukum (FSH). Ketua Opak FSH, Reza Baihaqi mengatakan, FSH mendapat anggaran kurang lebih Rp47 juta. Tapi, dana yang sudah diterima baru setengah dari total keseluruhan.

Menanggapi persoalan tersebut, Wakil Ketua OPAK 2015, Subarja memaparkan, setelah mendapatkan sebagian anggaran, fakultas tetap dapat mengajukan kekurangan dana. Namun, dana tersebut tidak bisa langsung cair. “Anggaran yang sudah diajukan akan dirapatkan terlebih dahulu karena saya tidak dapat memutuskan secara sepihak saja” ujarnya, Rabu (26/8).

Senada dengan Subarja, Sekretaris Panitia OPAK 2015, Masruri mengatakan, jika ada kekurangan dari anggaran yang telah direncanakan, pihak fakultas dapat mengajukan anggaran baru setelah OPAK berakhir. “Fakultas dapat mengajukan proposal yang berisikan rincian anggaran baru nantinya,” ujarnya, Rabu (26/8).

Lain fakultas, lain universitas. Dari Rp103 juta yang dianggarkan, Rp66 juta dialokasikan untuk keperluan Dewan Mahasiswa Universitas (Dema-U), Rp5,6 juta untuk Senat Mahasiswa Universitas (Sema-U), dan sisanya digunakan untuk pihak kemahasiswaan sebagai honor narasumber dan biaya operasional selama acara OPAK berlangsung.

Sedangkan, menurut Masruri, dana sebesar Rp20 juta yang awalnya dianggarkan untuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dialihkan untuk biaya narasumber pengisi acara dan operasional selama pengenalan UKM. Hal ini dikarenakan UKM telah menarik diri dari OPAK dan tak melaksanakan demo UKM pada 26 Agustus 2015.

AN & ER
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Anggaran OPAK Masih Dianggap Kurang
Anggaran OPAK Masih Dianggap Kurang
https://1.bp.blogspot.com/-V9iXyoPI5Xg/V2lHSwKTDFI/AAAAAAAAHYM/NsFNoSnyqjgcg1txPL0mS-ciplze48QbQCLcB/s400/TEMPLATE%2BFOTO%2B000.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-V9iXyoPI5Xg/V2lHSwKTDFI/AAAAAAAAHYM/NsFNoSnyqjgcg1txPL0mS-ciplze48QbQCLcB/s72-c/TEMPLATE%2BFOTO%2B000.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2015/08/anggaran-opak-masih-dianggap-kurang.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2015/08/anggaran-opak-masih-dianggap-kurang.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago