Archive Pages Design$type=blogging

Kala Kekuasaan Menumbangkan Keadilan

(Sumber : Internet)


Judul               : Miracle in Cell No.7
Tahun Liris      : 2013
Pemain            : Ryu Seung Ryong, Kal So Won, & Park Shine Hye
Sutradara         : Lee Hwan Kyung
Durasi              : 127 menit

Tok! Tok! Tok! Hakim mengetuk palu tiga kali sebagai tanda keputusan tak bersalahnya Lee Yong Gu dalam kasus penculikan, pelecehan seksual, dan pembunuhan. Sayangnya, hakim mengesahkan keputusan itu setelah Yong Gu  menerima hukuman mati  pada 23 Desember 1997 silam.

Terdakwa Lee Yong Gu adalah seorang pria cacat mental, ia terjerat kasus tindak pidana karena kesalahpahaman seorang saksi ketika Yong Gu mencoba menolong anak seorang komisaris polisi, Chou Jo Young. Awalnya, anak perempuan itu berniat untuk mengajak Yong Gu membeli tas bergambar Sailor Moon seperti miliknya. Sebab, Chou Jo Young tahu bahwa Yong Gu ingin membelikan  tas itu untuk anaknya.

Di hari itu,  jalanan dengan genangan air membeku karena bersuhu 18 derajat membuat Jo Young terpeleset. Yong Gu mencoba menyelamatkannya dengan pertolongan pertama, yakni meregangkan celananya untuk melancarkan peredaran darah dan memberi nafas buatan. Saat itu juga, seorang wanita melihat kejadian itu dan mengira Yong Gu sedang melakukan tindak kriminal.

Setelah polisi membawa Yong Gu ke kantor polisi, ia langsung diperiksa atas kejadian tersebut. Polisi juga memaksa Yong Gu menandatangani surat pernyataan bahwa ia bersalah. Yong Gu mendekam di sel no.7 dan tak lama kemudian, teman narapidana satu selnya mengetahui bahwa ia tak bersalah. Selama di penjara, narapidana selnya berusaha mempertemukan putrinya, Ye Sung (Kal So Won) dengan Yong Gu.

Lambat laun, kepala sipir mengetahui bahwa Yong Gu tak bersalah dan segera menemui komisaris polisi untuk mengusut ulang kasus Yong Gu. Tetapi, komisaris polisi yang memiliki jabatan di kepolisian menolak pengusutan ulang kasus tersebut. Komisaris polisi bersikeras menetapkan Yong Gu bersalah karena amarahnya akan kehilangan anaknya.

Sebelum Yong Gu menghadiri sidang, teman-teman di selnya mengajari ia untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ketika pengadilan nanti agar bisa bebas dari tuduhan. Namun, sebelum sidang pengadilan, komisaris polisi mendatangi Yong Gu dan mengancam nasib Ye Sung akan sama dengan anaknya jika ia tidak mengaku membunuh Chou Jo Young dan menerima hukuman matinya. Pengacara Yong Gu pun bukannya membelanya, malah mengiyakan bahwa sikap komisaris polisi tak bisa dibantah

Setelah Ye Sung dewasa (Park Shin Hye), ia mengajukan peninjauan kembali atas kasus ayahnya meski Yong Gu telah lama meninggal. Ye Sung membawa saksi yang mengetahui kebenaran kasus itu dan mengungkit bukti yang tidak jelas juga tidak diteliti lebih lanjut atas tuduhan ayahnya.

Selain mengundang air mata, film Miracle in Cell No.7 dibalut dengan beberapa humor. Film yang dirilis pada 2013 ini menggambarkan nilai kekeluargaan antara ayah dan anak dengan  apik. Film Miracle in Cell No.7 ini juga menyindir penegakan hukum yang tidak memenuhi kehadirannya sebagai penegak keadilan.

Lihat review-nya disini:


IK
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Kala Kekuasaan Menumbangkan Keadilan
Kala Kekuasaan Menumbangkan Keadilan
https://4.bp.blogspot.com/-o0thYftX-Lg/VZ9oB2K7y4I/AAAAAAAAFLQ/GEpi7qp6MSs/s400/foto%2B1.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-o0thYftX-Lg/VZ9oB2K7y4I/AAAAAAAAFLQ/GEpi7qp6MSs/s72-c/foto%2B1.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2015/07/kala-kekuasaan-menumbangkan-keadilan.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2015/07/kala-kekuasaan-menumbangkan-keadilan.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago