Archive Pages Design$type=blogging

Wirausaha Bermodal Kreativitas

Annisa Febrinel Handry


Berkat hobinya, Annisa Febrinel Hendry kini menjadi pemilik sebuah bisnis aksesoris. Hanya dengan bermodalkan kreativitas dan keterampilan tangan, Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta ini, mampu mengembangkan bisnisnya hingga meraih omzet yang cukup besar.

Perempuan yang akrab disapa Ica ini memang sudah mulai berbisnis sejak duduk di bangku perkuliahan. Bagi Ica, selain untuk menambah uang saku, berwirausaha merupakan salah satu hobinya. “Kerja berdasarkan passion itu menyenangkan,” ungkapnya, Selasa (23/6).

Ica memulai bisnis dengan menjual produk kecantikkan. Seiring waktu berjalan bisnisnya pun redup. Lalu ia beralih menjadi reseller dengan menjual berbagai macam kerudung. Karena keterampilannya, Ica mulai rajin membuat kerajinan tangan berupa hiasan bunga dari plastik untuk dijual. “Aku juga pernah jualan aksesoris beli jadi. Waktu itu aku kerjasama dengan teman,” katanya.

Suatu ketika Ica memperoleh bahan-bahan yaitu manik-manik untuk membuat bross dari tantenya. Ica yang kebetulan suka memakai aksesoris, iseng-iseng membuat aksesoris dari manik-manik tersebut. Tak disangka setelah dia memakai aksesoris buatan tangannya ke kampus, banyak teman yang meminta agar dibuatkan juga. “Aku enggak pernah kursus bikin aksesoris. Semuanya otodidak. Awalnya cuma iseng aja buat gelang eh ternyata banyak yang suka,” ujarnya sambil tertawa.

Bisnis aksesoris buatan perempuan yang bercita-cita menjadi Menteri Pemberdayaan Perempuan ini dinamai Annisa Accessories sesuai dengan namanya. Bisnis yang Ica jalani semakin berkembang dan terkenal lantaran dirinya menjadi juara ketiga dalam lomba bussiness plan tingkat nasional. Lomba tersebut diselenggarakan di UIN Jakarta dengan melibatkan para mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Saat ini, pangsa pasar Annisa Accesories sudah mencapai luar Pulau Jawa. Sampai sekarang, omzet yang sudah diterima oleh Ica kurang lebih Rp10 juta per bulan. Ia pun sudah bisa mempekerjakan karyawan dan memiliki banyak reseller.

Kesuksesan Ica sekarang ini, bukan berarti tanpa usaha dan kerja keras. Sebelum bisnis aksesorisnya dikenal banyak orang, Ica sempat merasakan sulitnya berjualan. “Dulu karena dagang di emperan pasar pagi, kadang harus rebutan tempat sama orang lain. Waktu itu juga pernah daganganku sama sekali enggak laku. Selama ini, keyakinanlah yang membuat aku untuk terus maju,” paparnya.

Menurut Ica, menjadi pengusaha adalah hal yang mulia karena dapat memengaruhi kehidupan dan perekonomian orang banyak. “Bisnisku ini adalah pembuktian kalau wanita juga bisa hidup mandiri dan menghasilkan uang. Hanya dengan modal yang kecil dan kreativitas dapat menghasilkan untung yang berlipat-lipat,” jelas perempuan yang juga hobi menulis ini.

Selain itu, lanjut Ica, mahasiswa harus mulai berwirausaha sedini mungkin. Sebab, sekarang banyak peluang bisnis yang tersedia. “Kalau bisa mahasiswa jangan cuma kupu-kupu (kuliah-pulang kuliah-pulang) tapi harus mengembangkan diri sesuai passion atau minat,” sarannya.

Jeannita Kirana

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Wirausaha Bermodal Kreativitas
Wirausaha Bermodal Kreativitas
https://3.bp.blogspot.com/-W8yEKZlRmoA/VZNubtfMjmI/AAAAAAAAFJA/B_f_BvKvWzk/s400/FB_IMG_1435144814991.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-W8yEKZlRmoA/VZNubtfMjmI/AAAAAAAAFJA/B_f_BvKvWzk/s72-c/FB_IMG_1435144814991.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2015/06/wirausaha-bermodal-kreativitas.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2015/06/wirausaha-bermodal-kreativitas.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago