Archive Pages Design$type=blogging

Tabir Cinta Adat Minang

                                                


Judul                  :  Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck
Sutradara           :  Sunil Soraya
Tahun                :  2013
                             2014 (versi extended)
Durasi                : 165
                             210 (versi extended)
Genre                  : Drama dan Sejarah

Film ini berlatar tahun 1930-an, menceritakan kisah cinta sepasang kekasih yang harus terhenti karena perbedaan suku. Zainuddin (Herjunot Ali) sebagai tokoh utama harus pergi ke Minangkabau lantaran ingin mengetahui tanah kelahiran ayahnya.

Sejak orang tuanya meninggal, Zainuddin hidup dan besar di Makassar bersama perempuan paruh baya. Setelah beranjak dewasa, ia berkeinginan untuk mengunjungi tempat kelahiran ayahnya di Batu Putih, Minangkabau.

Ketika sampai di Batu Putih, ia bertemu dengan gadis bernama Hayati (Pevita Pearce), bunga desa di Batu Putih. Merasa cocok, Hayati dan Zainuddin pun menjalin kasih. Hubungan mereka hanya dicurahkan melalui surat.

Cerita semakin menarik saat identitas Zainuddin yang bukan berdarah Minang dari garis keturunan ibu, diketahui keluarga Hayati. Hal itu membuat hubungannya dengan Hayati kandas. Karena hal itu pula, Zainuddin harus pindah ke Padang Panjang atas permintaan kepala suku Minang dan penduduk sekitar.


Akhirnya, Hayati menikah dengan Aziz (Reza Rahadian), laki-laki pilihan kedua orang tuanya. Mendengar berita tersebut, Zainuddin jatuh sakit dan frustasi karena tidak menerima kenyataan bahwa Hayati telah mengingkari janji untuk menunggunya sampai ia kembali.

Pada hari selanjutnya, Zainuddin sadar berkat motivasi Muluk (Randy Nidji), teman dekatnya. Ia bangkit dari keterpurukan dan memutuskan untuk pindah ke Jawa. Saat tiba di Jawa, Zainuddin memulai lembaran baru dalam hidupnya. Dengan usahanya, ia berhasil menjadi penulis terkenal di Nusantara.

Film ini diadopsi dari sebuah novel tahun 1934 yang ditulis Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau yang lebih dikenal dengan sebutan Buya Hamka. Dalam novelnya, Hamka mengungkap adat istiadat Minang yang melarang menikah selain sama-sama berdarah Minang dari garis keturunan ibu.


Namun, cerita sedikit berubah saat Sutradara Sunil Soraya mengemasnya menjadi film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. Di film ini, ia lebih menonjolkan kisah cinta Zainuddin (Herjunot Ali) dan Hayati (Pevita Pearce) ketimbang adat yang berkembang.
Lihat review-nya disini:



KF
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Tabir Cinta Adat Minang
Tabir Cinta Adat Minang
https://3.bp.blogspot.com/-y8AXjb0_foY/VW3Ad0CqEHI/AAAAAAAAE20/bTnf0-mfHws/s400/Cover.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-y8AXjb0_foY/VW3Ad0CqEHI/AAAAAAAAE20/bTnf0-mfHws/s72-c/Cover.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2015/06/tabir-cinta-adat-minang.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2015/06/tabir-cinta-adat-minang.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago